Home Kesehatan 10 Manfaat Buah Mangga

10 Manfaat Buah Mangga

68
0

Mangga menjadi salah satu jenis buah-buahan tropis yang difavoritkan banyak orang. Mangga muda maupun mangga matang sama-sama lezat dan jika dikonsumsi secara rutin mampu memberikan begitu banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari laman Care2, berikut ini adalah 10 manfaat mangga bagi kesehatan tubuh Anda.

 

Mencegah kanker

Studi telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam buah mangga mampu melindungi tubuh dari kanker usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat serta berbagai enzim yang melimpah.

Menurunkan kolesterol

Kandungan serat, pektin dan vitamin C yang tinggi pada mangga membantu menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Density Lipoprotein.

Mencerahkan kulit

Mangga dapat dikonsumsi dan digunakan secara eksternal untuk merawat kesehatan kulit. Mangga ampuh membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dan menghilangkan jerawat.

Menyehatkan mata

Satu cangkir irisan mangga memenuhi 25 persen dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin A, yang bermanfaat mempromosikan penglihatan yang baik dan mencegah rabun senja dan mata kering.

Memberikan cadangan alkali

Asam tartarat, asam malat dan asam sitrat ditemukan dalam buah mangga juga membantu menjaga cadangan alkali tubuh.

Mengontrol diabetes

Tak hanya buahnya, daun pohon mangga juga memiliki manfaat kesehatan. Daun mangga mampu membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Buah mangga pun memiliki indeks glikemik yang relatif rendah yaitu sekitar 41-60, sehingga konsumsi mangga secara moderat tidak akan meningkatkan kadar gula Anda.

Meningkatan gairah seksual

Mangga adalah sumber vitamin E yang baik. Studi yang pernah dilakukan telah menunjukkan asupan vitamin E yang cukup akan membantu seseorang memiliki gairah seksual yang sehat.

Menyehatkan pencernaan

Pepaya bukan satu-satunya buah yang mengandung enzim untuk memecah protein. Ada beberapa buah-buahan lain yang memiliki fungsi yang sama, termasuk mangga. Serat dalam mangga juga membantu pencernaan dan eliminasi racun serta kotoran di dalam tubuh.

Menyembuhkan demam

Jus buah mangga hijau yang dicampur dengan air dan pemanis membantu untuk mendinginkan tubuh dan mencegah kerusakan pada tubuh. Dari sudut pandang ayurveda, alasan orang sering mengalami diuretik dan kelelahan ketika mengunjungi berada di daerah dengan iklim yang panas. Energi matahari membakar tubuh terutama otot-otot. Ginjal kemudian menjadi kelebihan beban racun dari proses ini.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jumlah vitamin C dan vitamin A yang tinggi dalam mangga, ditambah 25 jenis karotenoid mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat.

Banyak kan cuters manfaat mangga untuk kesehatan Anda. Mulai sekarang jangan ragu untuk memasukan buah mangga menjadi salah satu menu makanan penutup Anda. Tapi ingat! Jangan berlebihan ya Cuters.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here