Home Unik Flora 10 Manfaat Buah Sirsak

10 Manfaat Buah Sirsak

265
1

10 Manfaat Buah Sirsak

10 manfaat buah sirsak

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan “belanda” dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti “kantung asam”) didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Sirsak dikenal dengan daging buahnya yang lembut dan berair serta memiliki rasa lezat tersendiri. Buah ini hidup di daerah tropis. Simak kutipan dari naturalfoodbenefits.com berikut!

  1. Bahwa tidak hanya daging, biji buah sirsak pun berguna untuk menjaga kesehatan Anda. Biji sirsak ternyata mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.
  2. Daun sirsak jika direbus ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir kutu lho, baik kutu rambut atau kutu di tempat tidur.
  3. Daun sirsak yang baru dipetik dapat dapat ditempelkan pada kulit yang melepuh, Ladies.
  4. Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika pipis. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.
  5. Jus sirsak jika dikonsumsi ketik Anda berpuasa dapat menyembuhkan penyakit hati ringan dan lepra.
  6. Rebusan dari tunas atau daun sirsak dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti gangguan kandung kemih dan empedu, batuk, diare, demam dan gangguan pencernaan.
  7. Daunnya jika ditumbuk dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit dan reumatik.
  8. Kulit akar pohon sirsak diyakini bisa dijadikan penawar racun lho.
  9. Bunganya ternyata dapat mengobati gangguan pada hidung yang menyebabkan munculnya lendir.
  10. Rebusan daunnya ternyata juga memiliki khasiat untuk meringankan peradangan dan kaki bengkak.
SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here