Home Gaya Hidup 10 Menit Pertama Saat Anda Menyalakan Rokok

10 Menit Pertama Saat Anda Menyalakan Rokok

107
0

Selama ini anda berfikir oke-oke saja menjadi social smoker? Coba deh pikir lagi. Ini yang terjadi dalam 10 menit pertama begitu anda menyalakan rokok :

  • Saat Nikotin merangsang kelenjar adrenal, kelenjar itu akan mengeluarkan adrenalin yang akan terus meningkatkan tekananh darah dan detak jantung. Jantung akan bekerja terus dan tidak bisa beristirahat. Risiko terkena stroke meningkat.
  • Asap keluar melalui mulut dan meninggalkan noda kecoklatan di gigi. Gas beracun seperti formaldehyde dan ammonia, akan menyebabkan peradangan.
  • Begitu berada di tenggorokan, asap rokok memperlambat kinjerja cilia, sel yang berfungsi membersihkan sistem pernapasan dari benda asing. Sementara itu, nikotin akan mulai memasuki aliran darah melalui pembuluh kapiler di paru-paru.
  • Pada saat yang sama, korbon monoksida akan mulai terkonsentrasi di darah, sehingga pasokan oksigen ke organ-organ penting menjadi terbatas.
  • Melalui aliran darah, nikotin mulai memasuki otak, perlahan-lahan meracuninya. Selanjutnya, Anda akan merasa ketagihan. Lalu, meski sudah berhenti, racunnya tetap ada di tubuh selama 6 – 8 jam ke depan. Dan pasti, bila tak berhenti, tar cokelat yang liat dan lengket akan menempel terus di paru-paru.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here