Home Kesehatan 3 Cara Mudah Atasi Nyeri Otot Pasca Olahraga

3 Cara Mudah Atasi Nyeri Otot Pasca Olahraga

51
0

Nyeri, sakit atau kaku pada otot tubuh setelah berolahraga kerap dianggap sebagai ‘rasa sakit yang baik’ sebab hal ini menandakan otot-otot bekerja secara optimal dan sesi olahraga yang dilakukan pun berjalan efektif.

Sebaliknya, jika rasa nyeri atau sakit justru mulai mengganggu aktivitas Anda, seperti disebutkan dalam laman timesofindia.com, 3 cara ini bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit dan nyeri pada otot pasca berolahraga.

  • Es Batu. Jika sakit pada otot sudah tak tertahankan hingga sulit dibuat berjalan, ada baiknya jika Anda beristirahat dari berolahraga selama beberapa hari. Sakit yang sangat pada otot merupakan sinyal dari tubuh bahwa Anda perlu berhenti dulu. Istirahat dari olahraga berat akan memberikan waktu pada otot untuk memulihkan diri. Agar rasa sakitnya sedikit mereda, Anda bisa mengompres bagian yang sakit dengan es batu yang dibungkus kain, dalam 72 jam pertama setelah beraktivitas. Setelah itu ganti dengan kantung air panas untuk menghangatkan otot agar lebih rileks.
  • Kopi. Mengonsumsi kopi sebelum berolahraga bisa meminimalisir nyeri otot setelahnya. Selain itu, kopi juga membantu memaksimalkan pembakaran kalori saat berolahraga karena adanya peningkatan energi. Perlu diingat, minumlah kopi hitam tanpa gula, atau tanpa tambahan krimer dan bahan-bahan lainnya yang bisa membuat sesi olahraga yang Anda lakukan jadi sia-sia.
  • Pijat. Pijat adalah salah satu cara terbaik untuk meredakan nyeri pada otot, sekaligus membuat tubuh lebih rileks. Pijatan intens setelah berolahraga akan meningkatkan peredaran darah ke otot dan mempercepat pemulihan dari otot-otot yang kaku, yang mengakibatkan rasa sakit.

Nah, itulah beberapa tips agar otot yang nyeri sehabis berolahraga bisa lebih baik. Semoga bermanfaat Cuters!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here