Home Ibu dan Anak 5 Penyebab Alergi Pada Anak

5 Penyebab Alergi Pada Anak

212
0

5 Penyebab Alergi Pada Anak

5 Penyebab Alergi Pada Anak

Bagi para ibu, pertumbuhan dan kesehatan anaknya adalah yang menjadi prioritas utama. Apalagi, anak kecil memiliki kulit dan organ yang sensitif. Salah sedikit bisa menjadi penyakit atau alergi.
Oleh karena itu, para orangtua harus cermat dalam pemilihan asupan gizi balita dan terhadap benda-benda sekitar. Anda harus jeli dalam memilah bahan makanan yang akan dibuat atau makanan yang dibeli karena dengan begitu dapat meminimalisir alergi yang akan terjadi.

Berikut ini akan disampaikan beberapa penyebab balita alergi, di antaranya:

  1. Telur
    Pada umumnya telur memiliki protein yang tinggi yang dapat mendukung proses pertumbuhan anak. Tidak hanya itu, telur juga dapat berfungsi dalam pembentukan postur tubuh.
    Akan tetapi, tidak semua balita dapat mengkonsumsi telur. Ada sebagian balita yang mengalami alergi apabila mengkonsumsi telur. Penyebabnya adalah protein di dalam telur yang memicu hipersensitifitas.
  2. Ikan
    Penyebab balita alergi yang lainnya adalah ikan atau makanan laut. Kedua jenis makanan tersebut merupakan penyebab alergi tertinggi pada balita. Akan tetapi, terdapat beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh balita.
    Salah satunya adalah ikan lele. Bagi Anda yang mempunyai balita yang gemar mengkonsumsi lele tidak perlu khawatir karena lele diketahui jarang menimbulkan alergi pada balita.
  3. Udara
    Udara juga menjadi salah satu penyebab alergi yang dialami balita. Hal ini dikarenakan udara pada tempat tertentu memiliki kadar kebersihan yang berbeda-beda. Misalnya saja jika balita Anda bermain di taman bermain, maka konsumsi udara pun dapat dibilang bersih karena di taman tersedia berbagai macam tumbuhan yang dapat menyaring polusi udara.
    Hal itu akan berbeda jika balita Anda bermain di tempat yang banyak polusi seperti pinggir jalan raya. Udara kotor yang masuk akan menyebabkan masalah dalam pernafasan yang bisa saja mengakibatkan alergi berupa gatal-gatal.
  4. Ayam
    Ayam merupakan salah satu jenis penyebab balita alergi. Ayam diketahui mengandung lemak yang dapat menyebabkan alergi pada balita. Pada umumnya penyebab balita alergi ada 3 macam yakni protein, lemak, dan karbohidrat. Ayam kampung juga termasuk penyebab alergi pada balita.
    Padahal, banyak balita yang menyukai makanan yang satu ini terlebih lagi bila di campurkan dengan bubur sehalus mungkin. Hal itu akan memberikan rasa yang berbeda terhadap makanan dan juga nilai gizi pun juga akan bertambah.
  5. Susu
    Balita sebenarnya memerlukan susu untuk daya tahan tubuh dan tumbuh kembangnya. Akan tetapi, tidak semua balita dapat mengkonsumsi susu. Susu menjadi salah satu pemicu munculnya alergi baik susu formula, susu sapi dan sebagainya. Protein pada susu lah yang menyebabkan timbulnya alergi tersebut.
    Protein susu sapi yang masuk melalui lapisan epitel yang belum cukup matang. Sehingga bahan alergenik dapat masuk dengan mudah. Hal ini disebabkan pertahanan pada saluran pencernaan balita yang belum matang.
    Demikianlah beberapa penyebab balita alergi yang sering terjadi. Anda sebagai orang tua seharusnya lebih waspada mengenai asupan gizi balita Anda. Anda juga harus waspada dan teliti terhadap gejala alergi yang ditimbulkan karena dengan mengetahui gejala alergi, maka Anda dapat mengambil solusi yang tepat.

Semoga bermanfaat ya 🙂

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here