Home Kesehatan 5 Penyebab Keringat Berlebih

5 Penyebab Keringat Berlebih

214
0

5 Penyebab Keringat Berlebih

5 Penyebab Keringat Berlebih

Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia. Kandungan utama dalam keringat adalah natrium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol).

Manusia berkeringat bertujuan untuk mendinginkan suhu tubuhnya ketika beraktivitas seperti berolahraga, berada pada lingkungan yang panas, atau mengalami situasi yang emosional. Namun ada beberapa orang yang berkeringat di saat yang tidak seharusnya. Ada 5 faktor penyebab keringat berlebih menurut 3fatchicks.com:

  1. Kondisi emosional
    Terkadang kondisi mental seseorang juga berpengaruh terhadap produksi keringat. Saat  sedang stres atau depresi, otak akan mengirim sinyal yang tidak normal kepada kelenjar keringat sehingga produksi keringat ikut tidak normal dan cenderung berlebihan.
  2. Penyakit fisik
    Jika berlebihnya keringat bukan karena pengaruh dari luar atau kondisi mental, bisa jadi karena efek penyakit yang Anda derita. Penyakit seperti diabetes, penyakit paru-paru atau Parkinson dapat memicu keringat berlebih.
  3. Perubahan pada hormon
    Perubahan hormon pada wanita sering terjadi pada masa menstruasi, kehamilan, dan menopause. Pakailah pakaian yang longgar, gunakan kipas angin atau air conditioner, serta perbanyaklah konsumsi air putih untuk menurunkan suhu tubuh.
  4. Obat-obatan
    Bahan-bahan kimia dalam obat dapat meningkatkan produksi keringat. Berkonsultasilah pada dokter tentang obat-obatan yang anda konsumsi agar mendapatkan alternatif seandainya obat Anda memicu keringat berlebih.
  5. Kelebihan berat badan
    Sudah bukan rahasia umum kalau orang yang gemuk mengeluarkan banyak keringat. Ini karena tubuh harus membawa beban yang lebih berat. Mulailah berdiet dan menjaga pola makan untuk mencapai berat ideal.

Semoga bermanfaat ya 🙂

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here