Home Kesehatan 6 Fakta Tentang Keringat

6 Fakta Tentang Keringat

190
0

6 Fakta Tentang Keringat

6 fakta tentang keringatKeringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia. Kandungan utama dalam keringat adalah natrium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol).

Berkeringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan sistem yang terlalu panas. Namun selain itu, ada banyak fakta penting seputar keringat yang jarang diketahui. Apa saja?

  1. Kelenjar keringat
    Setidaknya ada dua sampai empat juta kelenjar keringat yang dimiliki setiap orang. Banyak sekali bukan? Jadi sangat wajar jika seseorang bisa menghasilkan keringat berlebihan.
  2. Keringat wanita dan pria
    Meski kelenjar keringat pria menghasilkan keringat yang lebih banyak, namun wanita justru lebih sering dan banyak berkeringat dibandingkan dengan pria.
  3. Jenis keringat
    Berkeringat karena panas, olahraga, dan stres ternyata berbeda. Aroma keringat akibat stres pun cenderung lebih buruk.
  4. Aroma keringat
    Hanya ada satu kelenjar yang membuat aroma keringat sangat buruk. Biasanya, kelenjar itu pun hanya berada di sekitar tubuh yang memiliki rambut, seperti ketiak, selangkangan, dan kulit kepala.
  5. Keringat asin
    Pernah mencoba rasa keringat? Memang asin rasanya. Namun tahukah Anda, beberapa orang memiliki kadar keasinan keringat yang lebih tajam daripada yang lain.
  6. Jumlah keringat
    Ketika berolahraga di cuaca yang panas, seorang atlet bisa mengeluarkan keringat sebanyak dua sampai enam persen dari total berat badannya.

Perlu diingat ya cuters, untuk menghilangkan bau keringat dan membersihkan tubuh, sebaiknya Anda lebih rajin mandi dan jangan cuma mengandalkan deodoran!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here