Home Kesehatan 6 Minuman Hangat Yang Sehat

6 Minuman Hangat Yang Sehat

331
0

6 Minuman Hangat Yang Sehat

5 Minuman Hangat Yang Sehat Selain teh, kopi dan susu, ada lima jenis bahan lagi yang bisa disantap saat hangat.

Tentunya bahan-bahan ini mengandung manfaat yang baik untuk tubuh. Bahan-bahan ini adalah rempah-rempah. Ternyata penggunaan rempah cukup sederhana, selain memberi aroma dan rasa pada hidangan, juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Minuman hangat berbahan rempah tentunya bukan jadi favorit banyak orang hanya untuk kebaikan tubuh dan suasana, tetapi juga sedap rasanya.

Rempah apa saja yang dapat dimanfaatkan dan bagaimanakah cara mengolahnya?

  1. Jahe
    Disajikan di dalam teh hangat akan membantu meredakan perut kembung dan proses pencernaan untuk lebih baik. Mengandung antioksidan dan membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Jahe juga digunakan untuk mengurangi efek mabuk perjalanan, jadi dapat diminum sebelumnya sebagai persiapan untuk menempuh perjalanan jauh.
  2. Kayu manis atau cinnamon
    Rempah ini dapat dipilih sebagai tambahan juga untuk minuman teh hangat. Cukup gunakan satu batang dan dicelupkan selama beberapa menit untuk memberi aroma manis minuman ini. Jika ingin sedikit variasi, potongan buah apel dapat dijadikan pilihan dan dapat disajikan hangat dan dingin. Idealnya kayu manis ditambahkan pada cokelat panas atau kopi, dan untuk rasa manis, gunakan madu bukan gula putih untuk kesegaran aroma alami yang khas.
  3. Batang Sereh
    Batang sereh cukup dimemarkan dan dapat langsung dimasukkan pada air panas atau mendidih. Sereh selain memberi aroma segar juga membuat tubuh terasa lebih hangat walau tidak sekuat jahe. Teh ditambah sereh juga irisan jeruk nipis dan madu akan membantu tenggorokan terasa lebih lega dan badan terasa lebih rileks serta hangat.
  4. Cengkeh
    Sedangkan cengkeh, lebih jamak dipadukan dengan kopi dan dalam jumlah kecil sebagai penambah aroma. Cengkeh sendiri memilki aroma dan rasa yang kuat, menambahkannya dalam jumlah banyak akan membuat hidangan terasa seperti ramuan jamu ataupun rokok kretek.
  5. Vanilla
    Vanilla segar atau esens cair dapat dipadukan dengan cokelat bubuk dan dijadikan minuman hangat. Vanilla juga tersedia dalam bentuk bubuk kristal, hanya saja ini lebih cocok untuk digunakan sebagai bahan aroma kue atau cake. Perlu diingat jika ingin menggunakan vanilla, tambahkan vanilla hanya pada minuman hangat bukan pada cairan mendidih karena aromanya akan cepat menguap.
  6. Daun mint atau papermint
    Memang bukan tanaman asli Indonesia tapi penggunaannya sudah lama jadi bagian hidup kita lewat pasta gigi. Mint segar sering ditambahkan pada teh hangat, dan memberi efek yang mirip dengan jahe. Mint ini baik untuk pencernaan dan mengurangi rasa mual.

Bagaimana, berminat untuk mencoba salah satunya? Selamat menikmati aroma rempah-rempah ya cuters 🙂

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here