Home Teknologi Ada Sawah Yang Terapung Lho!

Ada Sawah Yang Terapung Lho!

345
0

Di salah satu iklan televisi, dahulu ada cuplikan pasar terapung. Yang kemudian aku tahu bahwa memang ada nyata pasar terapung itu. Lebih banyak di daerah Kalimantan Selatan. Tepatnya di sungai Tabuk.

Nah kalau pasar saja ada yang terapung, ternyata sawah juga ada lho Cuters. Kenapa dinamakan sawah terapung? Karena sawahnya benar-benar terapung. Tidak percaya? Nih lihat fotonya.

2002sawah_apung2

Sawah ini berada di Desa Ciganjeng, Ciamis Jawa Barat. Diprakarsai oleh Taruna Tani Mekar Bayu bekerja sama dengan Ikatan Petani Pengendali Hama Terpadu Indonesia (IPPHTI).

Teknologi ini dikembangkan untuk membantu petani-petani di sana. Hal ini disebabkan karena daerah pertanian di Ciamis sering kali dilanda banjir sehingga merugikan para petani. Pembuatan sawah terapung ini dimulai tahun 2010 dan diteruskan sampai sekarang.

Untuk membuat sawah terapung ini pun cukup mudah. Sawah terapung dibuat diatas rakit yang diberi sabut kelapa,jerami, serta tanah. Rakit berfungsi agar sawah terapung, sehingga tidak terpengaruh ketinggian banjir. Perbedaan lainnya, saat panen padi tidak dapat dirontokkan di tempat melainkan harus dibawa ke darat. Perlakuannya pun tak berbeda dengan sawah biasa.

Sawah ini ditanami benih padi jenis IR 64 dengan metode tanam model SRI atau ditanam perbiji. Pemeliharaan dilakukan dengan pupuk dan penyemprotan hama secara organik. Panen perdana sawah apung dilakukan tanggal 14 Maret 2013, dengan hasil produksi 6,2 ton dari lahan seluas seratus bata.

“Awalnya banyak masyarakat yang meragukan terobosan sawah apung, akan tetapi dengan bukti panen perdana sawah apung beberapa waktu lalu, terus terang menggugah kami untuk mengembangkan atau memeperluas sawah apung. Selain produksinya lumayan banyak, keunggulan lainnya setiap tahun petani bisa menanam padi. Beda dengan kondisi saat ini dalam satu tahun mungkin hanya sekali panen, setelah lima hingga enam kali tanam,” tutur Camat Padaherang, Kabupaten Ciamis Dede Saeful Uyun.

Sumber : pikiranrakyat

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here