Home Kesehatan Akibat Kebanyakan Tidur

Akibat Kebanyakan Tidur

293
0

Kebanyakan tidur mengandung risiko kesehatan, sama halnya kurang tidur juga beresiko.  Berapa lama waktu seseorang tidur sebenarnya dapat dilihat dari usia, kadar kesibukan dari aktifitas sehari – hari, kondisi kesehatan secara umum, dan gaya hidup sehari – hari.

Tidur berlebih bisa juga karena orang tersebut habis minum alcohol, atau sedang meminum obat tertentu. Atau ketika sedang merasa depresi, seseorang bisa tidur lebih lama dibandingkan dengan tidur normal pada umumnya.
Akibat Kebanyakan Tidur bisa berakibat :

1. Sering Pusing (Sakit Kepala)
Jika anda memang bukan seseorang yang dapat tidur lama, anda akan mengalami sakit kepala jika dalam suatu waktu anda tidur lebih dari biasanya. Para peneliti mengatakan hal ini disebabkan karena kelebihan tidur mempengaruhi neotransmitter pada otak termasuk serotonin.

2. Diabetes
Penelitian yang dilakukan kepada 9.000 orang Amerika menunjukkan, orang yang tidur lebih dari 9 jam akan memiliki resiko diabetes 50 persen lebih besar dibandingkan dengan orang yang hanya tidur 7 jam setiap malamnya.

3. Obesitas
Orang yang kebanyakan tidur sangat jelas dapat membuat obesitas. Orang yang tidur 9 – 10 jam perhari kemungkinan mengalama obesitasnya lebih besar 21 persen daripada orang yang tidur 7 – 8 jam. Hal ini akan tetap berlaku walaupun anda sudah mengatur pola makan dan berolahraga.

4. Penyakit Jantung
Dalam masalah ini, wanita akan lebih sering mengalaminya dibandingkan dengan pria. Penelitian yang dilakukan The Nurse’s Health Study dengan 72.000 wanita yang tidur 9 – 11 jam permalam kemungkinan mengidap penyakit jantung korener 38 persen lebih tinggi daripada mereka yang hanya tidur 8 jam.

5. Depresi
Tidur memang menghilangkan depresi seseorang. Namun dengan tidur berlebihan, sebanyak 15 persen orang dikatakan depresi akibat terlalu banyak tidur. Dalam beberapa kasus, dengan mengurangi waktu tidur dapat menyembuhan beberapa orang depresi.

6. Kematian
Hasil studi menunjukkan, orang-orang yang tidur 9 jam atau lebih semalam, memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi daripada orang yang tidur 7 atau 8 jam per malam. Memang tak ada penjelasan ilmiahnya, namun kemungkinan ada kaitannya dengan kebiasaan orang-orang dari status sosioekonomi yang lebih rendah tadi. Jika problem kesehatan yang mereka alami tidak ditangani secara medis, dan hanya diatasi dengan berlama-lama tidur, tidak mengherankan bisa mereka lebih cepat menghadapi kematian.

Nah itu beberapa akibat kebanyakan tidur  ternyata tidak baik untuk kesehatan bisa menyebabkan Penyakit seperti diabetes, penyakit jantung akan bermunculan. Selain itu dengan terlalu banyak tidur juga dapat meningkatkan resiko kematian.

SHARE