Home Gaya Hidup Pernikahan Arti Ijab Qabul Akad Nikah

Arti Ijab Qabul Akad Nikah

612
1

Cuters dalam sebuah pernikahan belum sah jika belum mengucapkan bacaan akad nikah dengan baik dan benar yaitu ijab dan qobul. Ijab dan qobul dalam akad nikah merupakan rukun sahnya nikah yang paling menentukan dalam menjadikan sesuatu yang haram menjadi halal.

Perlu sahabat cuters ketahui, seperti yang dijelaskan pada situs hasbihtc.com, ternyata tidak sah suatu pernikahan jika di dalamnya tidak ada ijab qobul. Maka dari itu, pernikahan dalam Islam ada syrata ijab qobul dalam akad nikah Islam yang harus dipenuhi oleh calon mempelai suami isteri agar pernikahnnya menjadi sah.
Baca juga : Ijab Qobul Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Ngomong-ngomong tentang ijab qobul, mungkin cuters masih ada yang belum paham betul tentang apa itu ijab qobul. ijab qobul adalah ucapan dari orang tua atau wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria. Orang tua mempelai wanita melepaskan putrinya untuk dinikahi oleh seorang pria, dan mempelai pria menerima mempelai wanita untuk dinikahi. Atau bisa juga ijab kabul merupakan ucapan sepakat antara kedua belah pihak.

Akad nikah dengan sebuah ijab qabul itu harus dilakukan di dalam sebuah majelis yang sama. Dimana keduanya sama-sama hadir secara utuh dengan ruh dan jasadnya. Termasuk juga didalamnya adalah kesinambungan antara ijab dan qabul tanpa ada jeda dengan perkataan lain yg bisa membuat keduanya tidak terkait. Sedangkan syarat bahwa antara ijab danqabul itu harus bersambung tanpa jeda waktu sedikitpun adalah pendapat syafi’i dalam mazhabnya.

Yang mau nikah silahkan baca Panduan Memilih Baju Pengantin

source : vemale

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here