Home Ibu dan Anak Aspek-Aspek Berbahasa Pada Anak Yang Bunda Harus Tahu

Aspek-Aspek Berbahasa Pada Anak Yang Bunda Harus Tahu

74
0

Kecerdasan bahasa, kerap kali diikuti keterampilan bersosialisasi. Karena dalam bersosialisasi umumnya anak-anak mengandalkan keterampilan bicara. Tahukan Anda Bunda? Dalam bahasa menganduk empat Aspek yang harus bunda ketahui!

Aspek Pertama

Kemampuan menggunakan bahasa untuk meyakinkan orang lain agar mau melakukan sesuatu. Aspek ini dimiliki oleh para pemimpin dan politikus.

Aspek Kedua

Potensi yang membantu mengingat atau menghafal, yaitu adanya kapasitas untuk menggunakan alat bantu mengingat informasi, memberi jarak dari suatu urutan menjadi aturan permainan, atau dari sebuah perintah menjadi prosedur menggerakkan sesuatu, misalnya mesin.

Aspek Ketiga

Penjelasan, yaitu menjelaskan secara oral, membuat syair, mengumpulkan pepatah atau peribahasa, dan penjelasan singkat. Kemudian, meningkatk sampai pada menggunakan kata untuk menyusun sebuah tulisan.

Aspek Keempat

Berbahasa untuk menjelaskan bahasa itu sendiri, kemampuan menggunakan bahasa untuk merefleksi bahasa itu sendiri, dan menggunakan analisa linguistik.

Aspek bahasa lainnnya adalam semantik (arti kata) dan pragmantis (memangdang sesuai kegunaanya), yaitu dapat memanfaatkan dengan baik mekanisme pemorsesan informasi secara lebih luas, dikaitkan dengan organ bicara.

David Lewis, seorang penulis The Secret Language Of Your Child, mengatakan bahwa kemampuan manusia untuk membentuk perbendaharaan kata yang rumit, sintaksis (tata kalimat) dan tata bahasa suatu kalimat, sebagian besar dibawa dari lahir. Ini lebih mengandalkan kekuatan otak ketimbang organ bicara. Inilah yang membedakan manusia dengan primata lainnya.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here