Home Kesehatan Bagaimana Selai Kacang Yang Sehat?

Bagaimana Selai Kacang Yang Sehat?

308
0

Bagaimana Selai Kacang Yang Sehat?

Bagaimana Selai Kacang Yang Sehat

Anda penggemar selai kacang? Selai yang biasa dikonsumsi di atas roti ini ternyata memiliki kandungan lemak sehat, serat dan protein. Sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

Sayangnya, tidak semua selai kacang yang berada di pasaran itu sehat. Bisa saja sudah dicampuri bahan-bahan pengawet dan pemanis buatan.

Lisa D’Agrosa, RD, pakar diet, menyarankan setidaknya perhatikan empat hal berikut ini untuk bisa mengonsumsi selai kacang yang menyehatkan.

  1. Kandungan minyak.
    Kebanyakan selai kacang terbuat dari minyak yang terhidrogenasi. Selai kacang jenis ini memang lebih bertekstur, namun mengandung lemak trans.
    Pada beberapa selai kacang, minyak ini digantikan oleh minyak kelapa sawit. Alhasil, kandungan lemak jenuhnya tinggi.
    Jadi, saat memilih selai kacang di pasaran, pastikan pada label tidak tertera tambahan minyak.
  2. Gula tambahan.
    Pilih juga selai kacang yang tidak mengandung gula tambahan. Pada beberapa selai kacang, terkandung 3-4 gram gula tambahan, sekitar satu sendok teh gula per dua sendok makan takaran saji selai kacang.
    Gula tambahan yang terdapat pada selai kacang, biasanya tertera di label, di antaranya: tebu, sirup jarung, sirup jagung tinggi fruktosa, madu, sirup gula.
  3. Murni kacang.
    Selai kacang sehat adalah selai kacang yang murni mengandung kacang, dan sedikit tambahan garam. Kandungan garam juga sebaiknya tak lebih dari 125 mg per saji.
  4. Kandungan lemak.
    Selaih kacang mengandung lemak sehat, namun pada beberapa produk, lemak sehat ini digantikan oleh gula dan tepung. Selain lemak sehat tergantikan, penghematan kalori pun terabaikan.

Semoga bermanfaat cuters 🙂

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here