Home Kesehatan Bahan Pangan Pengganti Susu

Bahan Pangan Pengganti Susu

207
0

Susu adalah makanan cair yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Namun tidak semua orang menyukai rasanya atau bahkan memiliki alergi terhadap susu, adapula yang memiliki intoleransi laktosa.

Berikut ini adalah bahan pangan sehat yang dapat menggantikan susu.

Kacang Almond

Kacang almond adalah bahan pangan pertama yang dapat dijadikan sebagai pengganti susu. Selain lezat, kacang almond kaya akan magnesium, kalium, kalsium, antioksidan, serta vitamin E. Selain itu, kacang almond juga membantu usus dalam mencerna makanan dan melindungi dinding kulit untuk melawan radikal bebas.

 Kedelai

Sebagai salah satu sumber protein, kedelai dapat dijadikan makanan pengganti susu yang paling ideal. Kedelai mengandung asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk melawan sel kanker. Kedelai memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, namun kalori yang terkandung sangatlah kecil.

Ikan Laut

Sumber protein lain yang dapat menggantikan susu adalah ikan laut. Ikan tuna, makarel, herring, dan salmon, merupakan beberapa jenis ikan laut yang menjadi sumber protein. Ikan adalah cara yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan protein pada tubuh Anda.

Sayur Bayam

Makanan sehat pengganti susu yang keempat adalah sayur bayam. Bayam adalah sayuran hijau yang kandungan kalsiumnya tinggi. Satu mangkuk bayam rebus per hari, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Selain merupakan sumber vitamin A, C, E, dan K, bayam merupakan sumber asam folat yang berperan penting dalam membangun sel-sel dalam tubuh manusia, sebagaimana dilansir dari Boldsky.

Biji Wijen

Makanan sehat pengganti susu yang kelima adalah biji wijen. Bagaimana pun dan dengan cara apapun Anda mengkonsumsinya, biji wijen tidak akan kehilangan kandungan protein, vitamin, antioksidan, dan mineral.Biji wijen merupakan pengganti susu terbaik, karena bahan makanan ini mengandung semua nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari segelas susu,

SHARE