Home Kesehatan Bahaya Membawa Ponsel Di Tempat Tidur

Bahaya Membawa Ponsel Di Tempat Tidur

66
0

Kualitas tidur berpengaruh terhadap produktivitas hidup lho Cuters, fungsi kognitif dan psikologis. Untuk itu banyak ilmuwan yang menyarankan tidur sebaiknya delapan jam setiap malam.

Dan masih banyak hal lain terkait kualitas tidur yang bisa berpengaruh pada tubuh. Namun, kemajuan teknologi terkadang justru membuat kualitas tidur memburuk. Seperti kebiasaan mendekatkan ponsel di bantal, atau menonton televisi hingga larut malam.

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang kualitas tidur, seperti dilansir Huffington Post.

Ponsel ganggu kualitas tidur

Sepertiga orang Amerika selalu mengecek ponsel mereka sebelum tidur, bahkan setiap lima menit sekali. Sebuah studi dari National Academy of Science menemukan bahwa terkena cahaya yang terpancar dari alat elektronik sebelum tidur bisa menyebabkan orang sulit tidur, memengaruhi perubahan jam tidur dan keesokan harinya akan membuat cepat mengantuk.

Kecerdasan emosional

Kurang tidur bisa membuat orang menjadi kurang sensitif pada kebutuhan orang lain. Penelitian dari University of California menemukan bahwa kekurangan waktu tidur akan menghalangi kemampuan seseorang untuk bisa membaca emosi orang lain, yang merupakan kunci dari kecerdasan emosional.

Meditasi

Meditasi terkenal bisa menurunkan tingkat stres, mengurangi perasaan gelisah dan depresi, dan memicu respon santai pada tubuh. Ahli psikologi dari Universitas California Selatan menemukan bahwa enam minggu latihan meditasi bisa meningkatkan kualitas tidur bagi orang dewasa.

Akses ingatan

Penelitian dari University of Exeter di Inggris menemukan bahwa tidur tidak hanya membantu kita untuk menyimpan ingatan, namun juga membantu memudahkan kita untuk mengingat dan menggunakan hal-hal yang ada di dalam ingatan.

Peneliti menemukan bahwa setelah tidur, orang akan mampu mengingat fakta yang biasanya tidak bisa ditemukan saat orang sedang dalam kondisi sadar.

Cegah Alzheimer

Kualitas tidur yang buruk ternyata berperan dalam memperburuk masalah ingatan dan bisa meningkatkan penyakit Alzheimer.

 

Mulai sekarang jangan bawa ponsel di tempat tidur, Cuters. Agar Anda dapat memiliki kualitas tidur yang baik dan tentu akan berpengaruh pada kesehatan Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here