Home Bisnis Bahaya, Punya Kartu Kredit Tapi Tak Pernah Di Pakai

Bahaya, Punya Kartu Kredit Tapi Tak Pernah Di Pakai

102
0
Kartu kredit memang memiliki banyak manfaat. Dengan fasilitas yang disediakan kartu kredit, Anda tidak perlu lagi kerepotan menghitung uang yang harus dibayarkan atau menghitung uang kembalian. Dan pastinya Anda juga tidak perlu repot membawa uang cash dalam jumlah besar. Tapi bagaimana jika Kartu kredit tersebut tidak pernah digunakan?
Dilansir dari laman viva.co.id, berikut beberapa hal yang sangat merugikan Anda jika tidak pernah menggunakan kartu kredit yang Anda miliki.
1. Peluang Terbuang
Kartu kredit punya segudang manfaat. Dari kepraktisan bayar tagihan listrik, air, telepon, dan lain-lain sampai diskon di banyak merchant. Kalau kartu kredit idle alias dibikin bengong, ya hilang peluang mendapatkan manfaat-manfaat itu.
2. Tetap Harus Bayar
Mau setahun-dua tahun atau berapa tahun tidak pakai kartu kredit yang belum ditutup, Anda bisa saja tetap disuruh bayar  annual fee. Iuran ini dibebankan per tahun.
Meski Anda tidak pakai kartu kreditnya, iuran ini tetap ada. Biasanya iuran ini digratiskan 1-2 tahun setelah kartu kredit didapat. Setelah itu, ya bayar.
3. Bunga mekar
Jika annual fee tidak dibayar, otomatis tagihan belum lunas. Otomatis lagi ada tunggakan. Akhirnya tunggakan itu menimbulkan bunga yang mekar dari bulan ke bulan sampai jebol tabungan untuk melunasinya.
4. Bye-bye kredit
Kalau tagihan bank belum lunas, jangan harap mendapatkan layanan kredit lain dari bank. Selamat tinggal buat kredit pemilikan rumah, kredit usaha rakyat, atau kredit-kredit lain.
Sebab tunggakan itu mempengaruhi skor kredit kita di Bank Indonesia. Bank Indonesia punya catatan siapa-siapa saja yang punya masalah kredit. Catatan itu jadi patokan bank komersial untuk mengabulkan permohonan kredit.
Proses itu disebut BI checking. Kalau kita tidak lolos BI checking karena punya masalah kredit, ya udah. Susah dapat layanan kredit yang lain.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here