Home Gaya Hidup Bayi Lahir Normal Memiliki IQ Lebih Tinggi dibanding Lahir Cesar

Bayi Lahir Normal Memiliki IQ Lebih Tinggi dibanding Lahir Cesar

261
0

Hay sahabat cute abis taukah kalian jika bayi yang lahir secara normal dimungkinkan memiliki kemampuan otak yang lebih tinggi dibanding lahir dengan operasi cesar ? Dan jawabannya adalah benar. Para ilmuwan dari Yale University di Amerika Serikat menjelaskan bahwa wanita yang melahirkan bayi secara alami atau normal mengalami peningkatan protein UCP2 yang lebih tinggi dibanding bayi yang lahir cesar, akibatnya bayi yang lahir secara normal akan memiliki kemampuan otak yang lebih tinggi dibanding yang lahir cesar.

Protein UCP2 dipercaya dapat memicu kecerdasan lebih maksimal kepada si bayi kelak. Protein ini akan dibawa hingga dewasa, sehingga bayi yang dilahirkan secara normal tersebut akan tumbuh dewasa dengan memiliki IQ di atas rata-rata.

Penemuan tersebut terungkap setelah para ilmuwan melakukan penelitian terhadap bagian otak hippocampal pada bayi tikus yang lahir secara alami dan dengan operasi caesar. Peneliti dapan menyimpulkan bahwa bayi tikus yang lahir secara normal mendapatkan protein UCP2 lebih banyak dari bayi tikus yang lahir cesar. Dan bayi tikus yang lahir dengan operasi cesar memiliki tingkat UCP2 lebih rendah dan dapat mengalami gangguan perilaku atau sikap yang lebih buruk ketika tikus beranjak dewasa. Selain itu, operasi Caesar juga juga dapat meningkatkan risiko perdarahan internal dan menyebabkan masalah reproduksi ibu di masa depan.

Dr Tamas Horvath , seorang peneliti yang hasil penelitiannya disiarkan pada jurnal kesehatan PLoS ONE, mengatakan bahwa penelitian tersebut mengungkap peranan protein UCP2 yang penting dalam perkembangan sirkuit otak bayi terhadap perilakunya kelak.

Horvarth mengatakan bahwa meningkatnya prevalensi ibu bersalin dengan secar didorong oleh rasa nyaman yang akan mereka dapatkan, tidak perduli dengan efek jangka panjang yang akan berpengaruh pada otak bayi dan fungsinya.

Dia menambahkan : “proses kelahiran memicu protein UCP2 dalam otak dan protein UCP2 akan hilang saat tikus lahir secara secar. Protein UCP2 yang hilang akan menghambat kerja otak terutama hippocampal yang berhubungan dengan munculnya masalah pada perilaku seseorang ketika beranjak dewasa kelak.”

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here