Home Kesehatan Beberapa Khasiat Gula Jawa Yang Luar Biasa

Beberapa Khasiat Gula Jawa Yang Luar Biasa

101
0

Siapa yang tak kenal dengan gula jawa alias gula merah. Hampir semua orang Indonesia mengenal gula yang legit dan memiliki rasa khas ini. Biasanya, gula jawa akan digunakan sebagai bumbu masakan Jawa agar masakan memiliki rasa yang lezat. Tak hanya itu saja, gula jawa juga biasa digunakan sebagai saus atau isian untuk kue tradisional. Bahkan, gula jawa telah menjadi salah satu pemanis alami untuk beberapa minuman sehat seperti kunyit asam atau sinom.

Perlu kita tahu nih ya, selain kegunaan di atas, gula Jawa juga memiliki banyak manfaat sehat untuk tubuh lho. Karena manfaat sehat yang diberikan olehnya, tidak heran jika gula Jawa memiliki harga yang lebih mahal daripada gula biasa. Mmm, kira-kira apa saja sih manfaat dari gula jawa untuk kesehatan? Seperti dilansir dari laman palmnectarorganics.com, berikut beberapa manfaat sehat gula jawa.

  • Mencegah Asma

    Manfaat pertama dari gula jawa adalah ia bisa mencegah asma. Beberapa study menyebutkan jika kandungan nutrisi pada gula merah bisa mencegah asma atau bahkan mengobati asma secara perlahan. Adanya sifat anti alergi pada gula inilah yang menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan khususnya dalam mencegah sekaligus mengatasi asma.

  • Mencegah Anemia

    Jika kamu tak ingin memiliki masalah dengan anemia, sangat disarankan agar kamu mengonsumsi gula jawa. Selain mampu mencegah asma, gula jawa juga sangat baik dalam mencegah anemia. Tapi ingat, pilih gula jawa yang murni terbuat dari air nira kelapa atau nira pohon aren.

  • Meningkatkan Stamina

    Bagi kamu yang ingin memiliki stamina baik setiap hari, cobalah untuk mengonsumsi sedikit gula jawa. Nutrisi pada gula jawa dipercaya mampu meningkatkan stamina dalam tubuh. Karena manfaat inilah, tidak heran jika gula jawa menjadi salah satu bekal wajib untuk para pendaki gunung atau penjelajah alam.

  • Meredakan Nyeri Saat Haid

    Manfaat gula jawa selanjutnya adalah meredakan nyeri saat haid. Dengan mengonsumsi sedikit gula jawa, nyeri haid yang dirasakan bisa sedikit reda. Tak hanya itu saja, nutrisi pada gula jawa juga akan membuat badan terasa lebih bugar meski di hari pertama haid. Konsumsi gula jawa ini bisa dilakukan secara langsung atau direbus bersama air kunyit.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

    Agar pencernaan kamu sehat, usahakan untuk konsumsi gula jawa ya Ladies. Jika selama ini kamu mengonsumsi gula pasir, gantilah gula tersebut dengan gula jawa. Dengan begitu, pencernaan kamu akan lebih sehat dari sebelumnya. Tapi ingat, pencernaan sehat bukan hanya ditentukan oleh gula jawa saja. Pola hidup sehat juga harus selalu terapkan.

Itulah beberapa manfaat dari gula jawa untuk kesehatan. So, masih ragu untuk konsumsi gula jawa? Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mendapatkan hidup yang lebih sehat ya Cuters.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here