Home Ibu dan Anak Beberapa Kosmetik Yang Diperlukan Bayi Anda

Beberapa Kosmetik Yang Diperlukan Bayi Anda

83
0

Perkembangan produk kosmetik bayi semakin luas, tidak hanya sekedar bedak dan minyak telon saja. Body lotion, baby cream, baby oil menjadi kosmetik tambahan yang diminati dalam memberikan perawatan bayi. Pada dasarnya kosmetik tersebut akan aman digunakan jika anda teliti dan tepat memilih sesuai dengan kulit bayi. Setiap kulit bayi memiliki sensitifitas yang berbeda, sehingga anda bisa menentukan sendiri kecocokan produk bayi pada kulitnya. Meskipun tambahan kosmetik memiliki manfaat yang berbeda akan tetapi untuk sebagian orang masih menggunakan tradisi lama yang hanya menggunakan shampoo dan sabun ketika mandi kemudian menggunakan bedak dan minyak telon saja. Kebiasaan itu tidak dapat disalahkan, begitu pula dalam menggunakan produk kosmetik lainnya dalam membantu merawat tubuh bayi anda.

Dilansir dari laman bidanku.com, berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah mengenali produk tersebut, berikut tips yang bisa anda ambil :

1.  Sabun

Kandungan pada sabun prinsipnya sama yaitu mengandung deterjen yang aman untuk kulit. Begitupula dengan sabun bayi yang dikhususkan untuk kulitnya yang masih sensitif. Anda dapat memilih dalam bentuk cair ataupun padat. Meskipun sabun cair lebih praktis akan tetapi sebagian bayi tidak cocok dengan kandungan pewangi dan pewarna sehingga menyebabkan alergi. Hentikan pemakaian jika timbul masalah kulit.

2.  Shampo

Sampo untuk bayi dirancang agar tidak pedih dimata sehingga bayi anda terhindar dari iritasi mata. Manfaat sampo bagi bayi untuk membersihkan kotoran di rambut, aktivitas bayi yang masih terbatas sehingga tidak diharuskan dikeramas setiap hari. Meskipun kebiasaan ini sering anda lakukan tidak menjadi masalah karena kandungan deterjen di dalam sampo sudah dirancang menyesuaikan kulit kepala bayi dan mengalami kontak sebentar dengan tubuh sehingga mengurangi kemungkinan iritasi.Gunakan sampo dengan bahan alami sesuai dengan kebutuhan rambut bayi.

3.  Baby lotion

Pemberian baby lotion yang terlalu sering akan memicu timbulnya biang keringat. Gunakan dengan wajar pada tangan dan kaki setelah bayi anda selesai mandi. Kandungan yang terdapat pada body lotion terdiri dari air dan minyak. Meskipun bahan yang aman akan tetapi jika tidak cocok sebaiknya segera hentikan pemakaiannya.

4.  Hair Lotion

Kosmetik tambahan ini berfungsi untuk menyuburkan dan membuat wangi rambut bayi anda. Meskipun cara tradisional masih sering digunakan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan saledri, akan tetapi perkembangan zaman yang semakin praktis memudahkan anda dalam merawat rambutnya. Jangan paksakan produk berlebih dalam menyuburkan rambut bayi anda, rambut tipis wajar saja terjadi.

5.  Bedak

Penggunaan bedak memang tidak terlepas dari bayi, untuk anda mencegah gesekan pada lipatan bisa menggunakan bedak. Meskipun dalam penggunaan yang berlebih dan bercampur dengan keringat akan mengakibatkan iritasi. Jangan gunakan bedak pada area sekitar selangkangan bayi.

6.  Sunblock

Penggunaan sunlock pada bayi biasanya dilakukan ketika aktivitas yang dilakukan di luar rumah. Sunblock tidak disarankan untuk bayi yang masih muda, baca aturan pakainya terlebih dahulu. Paparan sinar matahari dengan aktivitas ringan bayi anda bisa menggunakan topi ataupun payung.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here