Home Kuliner Brongkos Kuliner Khas Jogja Yang Mirip Rawon

Brongkos Kuliner Khas Jogja Yang Mirip Rawon

180
0

Kalau Jawa Timur punya rawon, Jogjakarta punya brongkos. Memang kedua masakan ini memiliki kemiripan. Rawon masakan berupa sup daging sapi berkuah hitam yang berasal dari campuran bumbu khas kluwek. Rawon yang di luar negeri disebut sebagai black soup ini biasanya disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan toge kecil, daun kemangi, plus sambal, serta tambahan lauk kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan telur asin.

Seperti rawon, brongkos juga masakan daging sapi berkuah hitam yang berasal dari kluwek. Bedanya, kuah brongkos lebih kental karena ditambah dengan santan. Selain itu isi brongkos lebih “kaya”. Selain daging sapi, masih ada tahu, kacang tolo –kadang ada juga yang menambahkan kulit buah mlinjo dan krecek—dan yang tak boleh ketinggalan adalah beberapa cabe rawit besar warna orange utuh. Ini dimaksudkan untuk konsumen yang suka pedas tinggal menggerus cabe tersebut dengan sendok.

Meski memiliki cita rasa yang sedap, gurih dan agak pedas, tidak seperti rawon yang sangat dikenal di luar Jatim, tapi brongkos masih jarang yang mengenalnya. Di Jakarta misalnya kita akan mudah menemukan belasan warung rawon. Sebaliknya tidak demikian dengan brongkos. Selain Masakan Rumah Bu Endang di Cipete dan Mbah Jingkrak Setiabudi, kita sulit mencari brongkos di tempat lain.

Di Jogja sendiri, lain dengan gudeg yang begitu populer dan warungnya tersebar di mana-mana, brongkos juga tak banyak ditemui. Salah satu alasan barangkali karena kebanyakan ibu-ibu di Jogja sudah bisa memasaknya sendiri.

Namun, jika Anda berkesempatan ke Jogja dan ingin menyantap brongkos, maka mampirlah ke Warung Ijo “Bu Padmo”. Warung yang terletak di daerah Tempel, Sleman, tepatnya di bawah jembatan Kali Krasak –tak jauh dari aktivitas para penambang pasir ini– begitu terkenal di kalangan pecinta kuliner karena kelezatannya.

Dirintis lebih dari 60 tahun, Warung Ijo Bu Padmo yang sudah membuka satu cabang ini, memang sukses menemukan racikan jitu dalam memasak brongkos. Dengan kondisi yang sederhana, Warung Ijo Bu Padmo sudah banyak dikunjungi para wisatawan dari kota lainnya. Termasuk pakar kuliner Bodan “Maknyus” Winarno.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here