Home Kesehatan Buah, Beda Warna Beda Khasiat

Buah, Beda Warna Beda Khasiat

88
0
Perbedaan warna pada buah ternyata memiliki arti tersendiri. Zat pembentuk warna atau phytochemical menunjukkan nilai manfaat bagaimana buah tersebut mampu mengatasi berbagai macam penyakit.
Zat warna pada buah dan sayur merupakan bioaktif alami yang mengandung nutrisi. Fungsi untuk menangkal serangan penyakit. Berikut beberapa warna sayur dan buah sesuai manfaat yang diberikan.
Merah
Warna ini ada pada tomat, semangka, anggur, pepaya, paprika, stroberi, dan jambu biji. Zat pemberi warna kuning tua hingga merah menunjukkan indikasi kandungan lycopene yang mampu menurunkan risiko serangan jantung, dan kanker, seperti kanker prostat.
Hijau
Kandungan lutein zeaxanthin pada sayur berwarna hijau, seperti bayam, kale, brokoli, dan sawi disebut menekan pertumbuhan, bahkan mencegah sel kanker.
Jingga dan kuning
Beberapa penelitian menyebut bahwa konsumsi buah atau sayur berwarna jingga atau kuning bisa menghambat proses penuaan dan kerusakan sel tubuh. Buah dan sayur ini juga mengandung beta karoten yang meningkatkan fokus mata terkait degeneratif dan memberi kekebalan tubuh. Sumbernya ada pada mangga, kentang, wortel, aprikot, dan pisang.
Biru dan ungu
Buah dan sayur ini mengandung anthocyanins flavanoids yang bekerja sebagai antikarsinogen untuk meningkatkan kognisi. Anda bisa mendapatkannya pada anggur, bit, dan blueberry.
Putih
Sayur dan buah berwarna putih mengandung zat warna allicin. Zat ini dipercaya dapat meredakan flu, menekan perkembangan sel kanker, dan menurunkan kolesterol. Jika Anda memiliki masalah tadi, perbanyak konsumsi bawang putih, pir, dan kembang kol.
Setelah mengetahui manfaat dari setiap warna buah, tentunya Anda bisa memilih dan menyesuaikan kebutuhan Anda ya Cuters. Kira-kira buah apa yang cocok untuk Anda konsumsi setiap hari.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here