Home Kesehatan Buah Blewah dan Ramadhan

Buah Blewah dan Ramadhan

265
0

 Buah Blewah dan Ramadhan

Es-blewah

Buah blewah dan Ramadhan bisa dikatakan memiliki hubungan unik. Karena setiap bulan Ramadhan buah ini selalu ada dan tersedia di manapun. Di olah berbagai macam minuman. Dan murah pastinya.

Buah blewah bernama latin  Cucumis melo L ini sebenarnya masih keluarga melon-melonan. Namun, bentuknya lebih mirip dengan labu atau mentimun.

Bentuk buah blewah ada yang bulat dan ada pula yang lonjong. Warnanya kuning dengan bercak kehijauan atau putih. Kulit buahnya tipis, dan biasanya daging buahnya tebal serta lembut. Jika sudah matang, warna daging buah akan berubah orange kemerahan dan mengeluarkan aroma harum hingga keluar kulit. Di dalamnya terdapat rongga berisi biji dan serat.

Kandungan nutrisi pada blewah adalah kalium, provitamin A, vitamin C, vitamin B6 serta serat makanan. Enzim yang dikandung di dalam buah blewah ini juga punya fungsi penyerapan yang sangat baik, sehingga disarankan dikonsumsi saat sedang menjalankan ibadah puasa. Ia akan membantu pencernaan mencerna makanan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa, sehingga lambung tidak mudah terluka.

Manfaat lain buah blewah:

  1. Membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh karena termasuk jenis buah yang rendah gula dan rendah kalori.
  2. Kandungan kaliumnya dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  3. Membantu mengurangi resiko batu ginjal dan tulang keropos.
  4. Vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan, sehingga dipercaya dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker serta penyakit kronis lainnya.
  5. Menangkal insomnia, sehingga setelah mengonsumsi blewah bisa tidur dengan lebih nyaman dan pulas.
  6. Karena tidak ada kandungan kolesterol, buah ini baik dikonsumsi mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi dan jantung.
  7. Blewah membantu mengatasi kehilangan nafsu makan, penyakit maag serta infeksi saluran kemih.
  8. Kandungan vitamin A dalam blewah dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.
  9. Kandungan folatnya dibutuhkan janin untuk perkembangan janin dan otak janin di dalam rahim.
  10. Blewah juga dapat membantu mencegah kanker rahim pada wanita.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here