Home Unik Flora Buah Busuk Jadi Pupuk Organik

Buah Busuk Jadi Pupuk Organik

948
0

Buah Busuk Jadi Pupuk Organik

Buah Busuk Jadi Pupuk Organik

Bila Anda memiliki kebun di rumah, pernahkah Anda mengamati bahwa tanaman yang di dekat tempat sampah jauh lebih subur daripada lainnya? Apalagi bila tempat sampah tersebut bersisi sisa-sisa makanan. Entah itu nasi yang tak termakan atau buah busuk. Nah berikut ini cara menyulap buah busuk jadi pupuk organik.

Dengan berita bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan, orang-orang beralih dari pupuk kimia ke organik. Tentunya diharapkan selain harganya jauh lebih menyehatkan. Karena namanya saja sudah organik, tentunya bahan-bahannya berasal dari limbah makanan. Namun dalam hal ini menggunakan buah-buah busuk. Bagi para pedagang buah akan bersorak senang dengan informasi ini.

Bahan-bahan yang disiapkan :

  1. Sampah organik basah hijauan, seperti buah tomat, pepaya busuk, serta buah-buahan lainnya tentunya buah-buahan tersebut adalah hasil panen yg tidak di beli oleh distributor atau afkir. untuk tahap awal banyaknya buah tersebut sekitar 1/2 karung beras saja dulu, terus sampah di rajang.
  2. Cairan molase atau gula putih bisa juga kita menggunakan gula merah jikalau gula putih tidak tersedia sebanyak 1/2 kg.
  3. Gunakan air cucian beras tajin yang sering di buang sembarangan oleh ibu-ibu rumahtangga, sebanyak 1 liter (usahakan dari cucian pertama)
  4. Santan buah kelapa yang sudah benar-benar tua lalu kita ambil airnya sebanyak 1 liter.
  5. Sediakan air bersih sekitar 7 liter (diusahakan jangan pakai air Pam yang mengandung kaporit.

Cara menyulap buah busuk jadi pupuk organik

  1. Masukkan semua Bahan sampah hijauan atau buah buahan ke dalam karung dan tekan sampai padat lalu kita ikat. (usahakan benar-benar padat)
  2. Masukkan larutan gula, santan, dan airĀ  kedalam ember besar berukuran sekitar 20 liter. (bila kita menggunakan gula merah harus kita cairkan terlebih dahulu.
  3. Masukkan karung berisi buah busuk ke dalam ember tersebut. Gunakan pemberat agar tidak mengambang.
  4. Usahakan tutup wadah tadi benar-benar rapat supaya udara tidak masuk serta penyimpanan wadah tersebut harus ditempat teduh yang tidak tersinari oleh matahari.
  5. Waktu yang dibutuhkan untuk tahap permentasi ini yaitu sekitar 7-10 hari bila setelah waktu tersebut kita melihat ada bercak putih pada permukaan air, berarti fermentasi kita benar-benar berhasil dan pupuk tersebut siap kita angkat. Sampah yang didalam karung tadi kita bisa gunakan sebagai kompos dan airnya adalah sebagai pupuk organik cair.

Mudah bukan untuk membuatnya? Daripada buah busuk yang terbuang sia-sia. Lebih baik dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang sangat bermanfaat. Cara menggunakan pupuk organik ini bisa langsung menyiramkannya langsung ke tanaman.

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here