Home Kesehatan Buah Menor alias Buah Kesemek

Buah Menor alias Buah Kesemek

441
0

kesemek1

Hai para cuters tahu tentang buah kesemek nggak?

Pertama Mimin kenal buah ini dari drama korea Jewel In The Palace lho. Iya, waktu adegan di mana Dayang utama menyatakan bahwa buah kesemek yang matang ini lebih manis daripada gula.

Hemm… sudah pernah menyobakah cuters?

Kesemek adalah buah bermarga Diospyrus. Nama ilmiahnya Diospyrous kaki. Dalam bahasa Jepang, kaki adalah nama zat tanin yang dihasilkan oleh buah ini. Dikenal juga dengan nama buah kaki. Sebab nama ilmiahnya.

Tinggi pohon kesemek sekitar 15 m atau kurang. Batangnya pendek dan bengkok-engkok, memiliki banyak cabang dan juga menggurkan daun.

Buah kesemek bentuknya mirip dengan apel. Seringpula kesemek disebut ‘apel jawa’. Buahnya dipenuhi dengan serbuk putih. Sering juga disebut buah menor. Karena serbuk putihnya menyerupai bedak. Walaupun bentuknya tidak menarik, cuters wajib mencobanya. Karena selain rasanya yang manis. Buah kesemek ini mempunyai banyak manfaat lho.

Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa dalam satu butir buah kesemek mengandung 19,6 % karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa 0,7 % protein, vitamin A dan kalium. Setiap 100 gram kesemek mengandung energi 88 kal, karbohidrat 15 gram, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg dan asam askorbat 20 mg.

Yuk intip manfaat dari buah kesemek

  1. Bagus untuk program diet. Karena buah ini memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat.
  2. Mencegah cuters terkena serangan jantung. Ini disebabkan senyawa oksidan yang dikandung buah kesemek mampu menjaga kelenturan pembuluh darah hingga tak terjadi penyumbatan.
  3. Menurunkan kadar kolesterol. Polifenol yang dikandung buah kesemek berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  4. Sumber vitamin C.
  5. Senyawa antioksidannya berkhasiat untuk mencegah kanker, juga mengahambat proses penuaan dini.

kesemek

SHARE