Home Kesehatan Cara Alami Atasi Sembelit

Cara Alami Atasi Sembelit

76
0

Sering mengalami rasa tidak nyaman pada perut karena sudah 2 hari belum buang air besar? Masalah ini sering disebut sembelit. Padahal, buang air besar harus dilakukan setiap hari. Jika tidak, perut terasa tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan pendarahan pada anus saat buang air besar.

Masalah sulit buang air besar sering dialami masyarakat Indonesia. Padahal dalam sistem pencernaan, buang air besar setiap hari menandakan sistem pencernaan Anda sehat. Jika Anda mengalami masalah sembelit, berarti ada masalah di sistem pencernaan. Dilansir dariĀ wikihow.com, berikut cara mengatasi masalah sembelit, bisa Cuters lakukan beberapa cara alami berikut.

Minum 8 Gelas Air Setiap Hari

Jika beberapa hari ini Anda sulit buang air besar, kemungkinan Anda mengalami dehidrasi atau kurang minum air. Sangat disarankan untuk mengonsumsi 8 hingga 10 gelas air setiap hari. Air akan membantu proses pencernaan, membuat tubuh tidak mengalami dehidrasi dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Minum air biasa memang kadang membosankan, Anda bisa menyelinginya dengan jus buah buatan sendiri. Mengapa harus buatan sendiri? Karena kandungan seratnya masih terjaga dan tidak mengandung banyak gula.

Banyak Makan Buah dan Sayur Berserat

Satu lagi penyebab terbesar susah buang air besar adalah kurangnya konsumsi serat. Biasanya orang Indonesia lebih peduli perut kenyang dengan banyak makan nasi dan lauk tetapi malas makan sayur dan buah. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menambah porsi buah dan sayur dalam menu harian.

Daripada ngemil, makan buah segar seperti semangka, melon, pepaya, pisang, apel dan sebagainya.

Minum Kopi Bisa Membantu, Tapi Sehatkah?

Banyak orang sengaja minum kopi untuk mengatasi masalah sembelit. Cara ini tidak salah, karena kafein dalam kopi dapat menstimulasi otot-otot pencernaan untuk bekerja lebih cepat. Sehingga seseorang bisa mengalami mulas dan buang air besar dengan mudah.

Namun, para ahli kesehatan tidak merekomendasikan minum air tertentu untuk ‘memancing’ buang air besar. Minuman seperti kopi, alkohol, soft drink atau teh tertentu tidak disarankan. Lalu harus bagaimana? Anda bisa membuat jus kismis alami yang kaya serat, sehingga membantu Anda melancarkan buang air besar.

Gerakkan Tubuh

Jika memungkinkan, buat tubuh Anda bergerak 10 menit setelah makan. Hindari hanya duduk 10 menit setelah makan. Akan lebih baik jika Anda rutin berjalan setidaknya 30 menit setiap hari, karena tubuh yang aktif bergerak membuat gerakan dalam usus semakin sehat, sehingga pencernaan tidak terhambat dan buang air besar bisa dilakukan setiap hari.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here