Home Kesehatan Cara Aman Memencet Jerawat

Cara Aman Memencet Jerawat

95
0

Jerawat menjadi permasalahan kulit yang pernah dialami hampir setiap orang. Problema tersebut memang sebaiknya tidak ditangani secara sembarangan karena bisa membuatnya meradang dan semakin parah. Namun bagaimana jika jerawat muncul ketika Anda harus tampil maksimal untuk sebuah acara? Dermatologis Dr. Jessica Wu pun memberikan sarannya. Menurutnya, jerawat bisa dihilangkan dengan dipencet asal dilakukan dengan aman. Dilansir dari wollipop Berikut enam saran Jessica selengkapnya:

1. Lakukan Malam Hari
Menemukan jerawat di pagi hari dan ingin langsung menghilangkannya karena ada acara penting? Tahan keinginan tersebut! Jessica menyarankan agar memencet jerawat dilakukan saat malam. Menurutnya darah atau cairan dari dalam jerawat bisa saja bocor pasca dipencet. Untuk itu, jangan dilakukan ketika Anda akan bertemu dengan orang-orang. Pencet jerawat di malam hari agar bisa membuat kulit pulih dan tidak terkena debu luar ruangan.

2. Steril
Tentunya Anda harus memencet jerawat dengan keadaan tangan yang bersih. Jika bisa jangan hanya mencuci tangan dengan sabun saja namun balurkan pula jari-jari Anda dengan alkohol agar steril maksimal. Bukan hanya tangan, pastikan bila area tempat Anda memencet jerawat dalam keadaan yang juga higienis. Hal ini perlu dilakukan agar jerawat tidak terinfeksi.

3. Alat Bantu
Sebagian dari Anda mungkin sering memencet jerawat dengan tangan saja. Agar tidak menimbulkan bekas, coba lakukan dengan alat bantu yakni jarum jahit seperti di klinik kecantikan. Sediakan pula beberapa kapas jika tidak ingin tangan Anda bersentuhan langsung dengan area jerawat.

4. Proses Pemencetan
Pertama, bersihkan terlebih dahulu jarum dengan alkohol agar steril. Kemudian tekankan jarum ke area jerawat namun jangan secara keras. Selanjutnya gunakan jari Anda untuk menekan bagian sampingnya sampai bagian putihnya keluar. Setelah berhasil dipencet, langsung saja bersihkan dengan kapas dan hindari memencetnya terus menerus. Lalu tutup area berjerawat itu dengan plester sehingga lembab dan bersih dan bisa sembuh dengan masimal.

5. Jika Berdarah
Memencet jerawat tak jarang menimbulkan darah. Ketika Anda melihat darah keluar saat melakukannya, langsung saja hentikan. Jessica mengatakan jika jerawat yang dipencet mengeluarkan darah perlu dihindari karena bisa menimbulkan bekas. “Bekas-bekas jerawat itu akan sangat sulit ditutupi dengan makeup,” ungkap Jessica pada Style Caster.

6. Kondisi yang Tidak Diperbolehkan
Tentunya Anda tidak dianjurkan memencet jerawat sembarangan. Jika tidak sangat dibutuhkan, Anda bahkan perlu menghindari menyentuhnya. Sebaiknya jangan memencet jerawat jika penyakit kulit tersebut berwarna merah dan ada kepala putih di atasnya. Menurut Jessica, jerawat seperti itu seharusnya dibawa ke dokter untuk penanganannya karena bisa menyebabkan infeksi jika dipencet sendiri.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here