Home Bisnis Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit

Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit

126
0

Kartu kredit sejatinya diciptakan sebagai alat pembayaran non tunai yang aman dan praktis. Namun, pada praktiknya banyak orang yang kurang tahu dan tidak bijak menggunakannya. Akibatnya, kaget berat deh pas lihat tagihan. Lupa kalau kartu kredit harus dibayar kembali.

Kalau sudah begitu gimana dong Cuters? Lebih baik pahami dulu deh bagaimana sih seharusnya cara menggunakan kartu kredit dengan bijak dan cerdas biar tidak tekor. Dilansir dari viva.co.id, berikut hal-hal yang wajib dilakukan penggunaan kartu kredit.

1. Pisahkan dana untuk kartu kredit

Memiliki kartu kredit erat kaitannya dengan disiplin dan tanggung jawab pribadi. Sisihkan sekian persen dari penghasilan kamu setiap bulan untuk transaksi kartu kredit. Tidak hanya sampai di situ, usahakan pembelanjaan dengan kartu kredit kamu tidak lebih dari bujet.

2. Pelajari dan pahami aturan pemakaian kartu kredit

Kepemilikan kartu kredit harus dibarengi dengan kemauan untuk belajar dan memahami. Kartu kredit pasti punya aturan main dong! Jangan sampai malu sendiri, saat sudah mengajukan komplain, tetapi ternyata kamu yang lalai.

Pelajari biaya-biaya apa saja yang menyertai transaksi kartu kredit yang kamu miliki. Hal ini sangat berguna untuk rem diri, supaya tidak main gesek sana sini tanpa perhitungan.

3. Hindari pembayaran tagihan minimum

Usahakan untuk membayar tagihan setiap bulan secara penuh, bukan minimum. Hal ini untuk menghindari biaya bunga di tagihan bulan berikutnya. Dengan membayar tagihan secara penuh, limit kartu kredit kamu juga akan kembali utuh.

Jika setiap bulan dibiasakan hanya membayar minimum bisa bahaya loh! Tidak kebayang, tagihan kamu bakal terus membengkak.

4. Teliti cek tagihan

Jadilah pengguna kartu kredit yang rajin dan teliti, mencatat setiap transaksi kartu kredit. Saat tagihan datang, kamu bisa memeriksa kembali, apakah ada transaksi yang mencurigakan atau tidak.

Selain terhindar dari penipuan, kebiasaan teliti ini juga membantu kamu terbebas dari keharusan membayar yang tidak seharusnya kamu bayar.

 

Hal-hal yang wajib dihindari:

1. Bertransaksi mendekati limit

Limit yang ada pada kartu kredit bukanlah untuk dihabiskan. Akan lebih bijak, jika kamu hanya memaksimalkan penggunaan limit kartu kredit 70-80 persen saja. Siapa tahu, ada kebutuhan mendesak yang harus menggunakan kartu kredit.

2. Tidak membayar outstanding balance

Saat kamu tidak bayar penuh tagihan di suatu bulan, maka jangan kaget dengan yang namanya outstanding balance pada bulan berikutnya. Nah, bayangkan kalau ini jadi kebiasaan, yang ada utang kamu bakal membengkak.

3. Tarik tunai

Salah satu fasilitas yang disediakan kartu kredit adalah tarik tunai. Tapi ingat, ini bukan berarti kamu seenaknya mengeksekusi fasilitas ini. Tidak sedikit pengguna kartu kredit yang lupa diri dan menggunakan fasilitas tarik tunai terus-menerus.

Tarik tunai sebaiknya dihindari, digunakan paling tidak saat kamu sedang dalam kondisi yang benar-benar mendesak.

4. Enggan berkonsultasi

Saat sudah terpojok dalam situasi keuangan yang sulit bahkan pailit, jangan malu untuk mengakuinya kepada pihak bank. Bahkan, kalau perlu bicarakan juga dengan perencana keuangan yang bisa membantu kamu keluar dari masalah keuangan.

Tidak ada kata sulit, jika kita mau berusaha. Kartu kredit jangan menjadi momok, atau dipersalahkan. Karena tidak akan ada asap kalau tidak ada api, demikian pula halnya dengan kartu kredit.

Jika kartu kredit digunakan dengan bijak dan tepat, pasti akan banyak manfaat yang bisa direguk. Sebaliknya, jika digunakan dengan sembarangan, ya tanggung sendiri akibatnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here