Home Kesehatan Cara Cegah Kanker Sedini Mungkin

Cara Cegah Kanker Sedini Mungkin

228
0

 Cara Cegah Kanker Sedini Mungkin

Cara Cegah Kanker Sedini Mungkin

Dewasa ini, berbagai penyakit jenis kanker dijumpai. Mulai dari otak sampai organ dalam. Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat mematikan.

Ditambah lagi, lingkungan dan makanan yang ada sudah banyak yang terkontaminasi bahan-bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu mari cegah kanker sedini mungkin. Ada tujuh cara yang bisa kita lakukan, yaitu :

  1. Mengonsumsi makanan organik
    Makanan organik tidak selalu berkaitan bahwa makanan tersebut tidak diberi pupuk kimia. Namun makanan organik juga menyangkut cara menanam, media yang digunakan untuk bercocok tanam, serta waktu panen yang baik. Oleh karena itu sebisa mungkin cobalah untuk mengonsumsi makanan organik yang tidak mengandung glisofat, zat dari pestisida yang dapat mengakibatkan kanker.
  2. Mengonsumsi makanan berpigmen oranye
    Makanan berpigmen oranye seperti jeruk, mangga, tomat, pepaya, dan wortel mengandung beta karoten, lutein, dan lycopene yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker.
  3. Mengonsumsi makanan anti kanker
    Contoh dari makanan ini adalah blueberry, brokoli, bawang putih, teh hijau, kunyit, dan tomat. Persamaan dari makanan ini adalah mereka mengandung zat anti kanker.
  4. Mencukupi kebutuhan vitamin D
    Paparan sinar matahari pagi yang sehat akan diproses dalam tubuh menjadi vitamin D. Jumlah vitamin D yang cukup dapat membangun sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit ini.
  5. Mengonsumsi makanan mengandung magnesium
    Magnesium adalah salah satu nutrisi yang ampuh untuk mencegah kanker. Beberapa ahli memperkirakan sebanyak 80% orang menderita kekurangan magnesium. Magnesium mudah ditemukan dalam kacang almond, biji wijen, biji bunga matahari, lemon, apel, seledri, dan sayuran berwarna hijau gelap. Dosis yang dianjurkan adalah 200 sampai 800 mg per hari.
  6. Mengonsumsi biji-bijian
    Biji-bijian seperti biji labu atau biji bunga matahari terbukti ampuh untuk mencegah kanker prostat. Hal ini disebabkan karena biji-bijian tersebut mengandung asam lemak omega 3.
  7. Mengonsumsi makanan mengandung zinc
    Zinc berperan dalam memproduksi enzim yang disebut dengan superoksida dismutase atau SOD. SOD adalah salah satu pertahanan tubuh terbaik untuk melawan radikal bebas. Makanan yang mengandung banyak zinc adalah biji labu, bawang, dan sayuran berdaun gelap.

Bagaimana cuters? Anda bisa memulainya dengan diri Anda sendiri dan keluarga. Ternyata makanan yang sehat mampu untuk menangkal berbagai macam penyakit termasuk kanker. 🙂

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here