Home Resep Cara Masak Telur Orak Arik

Cara Masak Telur Orak Arik

96
0

Telur adalah salah satu menu sarapan yang paling umum di seluruh dunia. Selain lezat, telur mengandung protein yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas penuh seharian.

Memasak telur memang tidak sulit. Namun, jika bicara tentang telur orak arik, Anda pasti menginginkan tekstur telur yang empuk, mengembang dan lembut.

Inilah yang terkadang sulit didapatkan. Untuk itu, simak empat trik  memasak telur orak arik yang sempurna, seperti dilansir dari Sploidberikut ini.

1. Tambahkan kuning telur

Dengan menambahkan kuning telur ekstra, telur orak arik buatan Anda tidak akan menjadi terlalu matang akibat proses koagulasi. Tak hanya mengendalikan suhu, kuning telur juga mampu meningkatkan cita rasa.

 

2. Gunakan susu

Banyak resep telur orak arik yang melibatkan susu sebagai salah satu bahannya. Ini, karena susu mengandung air dan lemak yang mampu membuat telur menjadi empuk saat dimasak. Kedua kandungan tadi akan “menganggu” ikatan protein di dalam telur dan memecahnya, menghasilkan tekstur telur yang lembut.

 

3. Jangan terlalu lama mengocok

Mengocok telur terlalu lama hanya akan membuat telur orak arik Anda menjadi padat dan keras saat matang. Untuk itu, jangan kocok telur menggunakan whisker, melainkan garpu. Berhenti mengocok setelah telur berwarna kuning merata.

 

4. Gunakan api sedang

Saat menuangkan telur ke dalam wajan, atau pengorengan yang telah dipanaskan dan diberi butter, gunakan api sedang. Kemudian, secara perlahan kecilkan api, setelah telur sudah mulai matang sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

 

Manfaatkan waktu memasak Anda yang singkat di pagi hari dengan memasak makanan yang simpel tapi tetap bergizi tinggi seperti telur orak arik. Selamat mencoba trik diatas Cuters!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here