Home Tips Cara Memasak Sawi Agar Tidak Pahit

Cara Memasak Sawi Agar Tidak Pahit

71
0

Mengolah sawi menjadi hidangan tumis sayur yang lezat memang tidak rumit. Baik sawi hijau maupun sawi putih bisa diolah dengan mudah dan cepat bersama berbagai bahan lain untuk membuat sajian tumis sayur yang nikmat. Tapi, bila diolah dengan cara yang salah, sawi bisa berubah warna menjadi kehitaman. Rasanya pun menjadi agak pahit. Apa yang harus Bunda lakukan untuk mencegah hal ini? Dilansir dari laman Royco.co.id, ada tips Memasak sawi agar rasanya tidak pahit.

 

Sawi Hijau

  • Pilihlah sawi hijau yang agak tua, karena sawi hijau yang lebih tua biasanya tidak memiliki rasa sepahit sawi hijau yang lebih muda.
  • Gunakan bagian daun sawi pada masakan Ibu dan buang sebagian batangnya. Kadar serat dalam batang sawi akan membuat sawi menjadi terasa pahit setelah dimasak. Selain itu, proses memasak batang sawi juga akan menghasilkan aroma pahit yang bisa merusak aroma sajian.
  • Sawi hijau tidak perlu dimasak terlalu lama dan hanya perlu dimasak secara cepat, sehingga rasa dan tekstur sawi terjaga, serta sawi tidak berubah rasa menjadi pahit.

 

Sawi Putih

  • Pilihlah sawi putih dengan daun berwarna putih dan masih keras. Hindari menggunakan sawi yang telah memiliki titik-titik hitam pada daun dan ujung daunnya.
  • Simpan sawi putih dalam tempat yang sejuk dan gelap seperti di dalam kulkas. Sawi putih yang terkena cahaya akan berubah rasa menjadi pahit.
  • Potong sawi putih menggunakan pisau yang terbuat dari stainless steel. Memotong sawi menggunakan pisau yang terbuat dari baja karbon (carbon steel) akan menghasilkan reaksi kimia yang membuat tepian sawi putih berubah warna menjadi kehitaman.

 

Rasa dan penampilan bahan makanan memang penting untuk kenikmatan menyantap hidangan. Dengan tips di atas, sajian tumis sawi tidak akan lagi terasa pahit, beraroma tidak enak, ataupun berwarna kehitaman. Setelah siap dengan sawi hijau maupun sawi putih yang segar, Bunda bisa mengolahnya sebagai bahan utama sajian tumis sayur yang menyehatkan dan tetap menggugah selera.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here