Home Kesehatan Cara Membuat Jus Lebih Sehat

Cara Membuat Jus Lebih Sehat

82
0

Jus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Hal itu karena jus memberikan vitamin, nutrisi, mineral, antioksidan, enzim dan pitosterol yang siap untuk disalurkan melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Tidak hanya dapat meningkatkan stamina, tetapi juga menunda tanda-tanda penuaan dini, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun ada beberapa saran yang dilansir dari Food Matters, agar kandungan di dalam jus dapat diserap maksimal oleh tubuh.

Dimasak dan biji dibuang

Kebanyakan buah dan sayuran memiliki nutrisi yang tinggi ketika dimakan mentah-mentah. Namun, sebagian lain lebih baik dikonsumsi dengan direbus terlebih dahulu karena suhu panas akan menghilangkan enzim yang susah dicerna oleh tubuh, seperti pada ubi, terong, dan kentang.

Selain itu, beberapa sayur dan buah mengandung zat cyanogenic glycoside yang beracun jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Zat ini biasanya terdapat dalam biji apel, aprikot, persik dan ceri. Usahakan untuk membuang biji buah sebelum dijus.

Gunakan satu jenis buah

Secara keseluruhan, buah-buahan memiliki kandungan vitamin, serat, nutrisi dan pitosterol yang tinggi. Ketika buah diolah menjadi jus dan disaring seratnya, zat fruktosa menyatu dengan jus. Hal ini dapat meningkatkan gula darah, menyebabkan kembung, dan membuat Anda susah untuk mendapat berat badan yang sehat. Mencampur terlalu banyak buah tidak disarankan bagi para penderita diabetes.

Usahakan hanya menggunakan satu jenis buah untuk dijus dan tambahkan sedikit pemanis dan buang bagian pahit dari buah tersebut.

Jangan biarkan jus terlalu lama

Membiarkan jus terpapar cahaya dan panas akan mempercepat proses oksidasi buah yang akan menghilangkan nutrisi dan enzim baik di dalam buah atau sayur. Jadi, waktu yang tepat untuk menikmati jus adalah ketika jus baru dituangkan dari juicer.

Selain itu, lebih baik meminum jus dalam kondisi perut kosong atau setidaknya satu setengah jam sebelum makan agar nutrisi di dalam jus dapat diserap secara optimal oleh tubuh.

Minum saat santai

Menikmati jus ketika sedang relaks adalah hal yang tepat karena proses pencernaan akan melambat ketika Anda sedang stres. Selain itu, nikmati jus dengan perlahan dan bila perlu biarkan jus beberapa saat berada di dalam mulut agar bercampur dengan air liur sebelum memasuki tahap pencernaan selanjutnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here