Home Tips Cara Memilih Udang Segar Dan Membersihkannya Sebelum Di Masak

Cara Memilih Udang Segar Dan Membersihkannya Sebelum Di Masak

90
0

Umumnya terdapat 2 jenis udang, walaupun sebenarnya lebih banyak lagi. Di Pasar tradisional maupun pasar swalayan. Yakni udang peci atau jerbung, warnanya putih keabuan, berukuran sangat kecil hingga besar. Ketika dimasak warna dagingnya berubah kemerahan, seratnya lembut dan lunak. Bila terlalu lama dimasak, kadar air udang akan cepat menyusut sehingga cita rasa dagingnya justru menjadi keras dan hambar.

Lain lagi adalah jenis udang pancet/tiger prawn. Warnanya hijau kehitaman, selalu berukuran besar hingga ekstra besar, kurang lebih 15 ekor per kilogram. Meski berserat kasar, tapi tiger prawn dianggap nikmat karena dagingnya tebal. Ketika dimasak warnanya juga berubah, tapi lebih ke arah merah jingga menyala. Sebagai komoditi ekspor, harga tiger prawn umumnya dua kali lipat dibandingkan udang jerbung.

Udang Segar

Kepalanya melekat pada badannya. Jika sudah terlepas atau hampir putus artinya kesegaran udang sudah berkurang. Badannya pun harus padat dan keras, tidak lembut, berwarna cerah, dan kulitnya mengilat.

Menyiapkan Udang

Bila resep menghendaki udang utuh, potong sedikit moncong udang sebatas matanya (bagian yang bersungut), cuci bersih dibawah air mengalir sambil menyimpan kotoran kuning kehijauan. Pada udang ukuran besar, bahkan simpul kotoran yang mengumpul di pangkal punggung dapat ditarik keluar pelan-pelan dari tempat tersebut. Semakin besar ukuran udang, semakin banyak pula kotorannya. Kotoran ini sedikit banyak mempengaruhi penampilan dan rasa dagingnya ketika disantap. Jadi, baik tanpa atau dengan kulit, toreh/gurat punggung udang hingga ruas ekor dengan pisau runcing dan tajam. Angkat kotorannya dan cuci bersih.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here