Home Unik Flora Cara Menanam Anggrek Bibit Botolan

Cara Menanam Anggrek Bibit Botolan

286
0

 Cara Menanam Anggrek Bibit Botolan

Cara Menanam Anggrek Bibit Botolan

Jenis bunga Anggrek yang ada di Indonesia adalah yang terbanyak di dunia. Jumlahnya mencapai 3500 spesies dan hasil silang. Nah sebagai warga Indonesia, yuk coba tanam bunga anggrek. Salah satu jenis yang populer adalah Dendrobium  karena harganya terjangkau, memiliki banyak warna, dan lebih mudah perawatannya. Berikut ini Cara Menanam Anggrek Bibit Botolan seperti yang dilansir tabloidnova.

  1. Keluarkan bibit dari dalam botol. Bibit yang digunakan biasanya berusia kurang lebih sembilan bulan. Untuk mengeluarkan bibit dari dalam botol bisa dengan memecahkan botol, memasukkan air, digoyang serta dikocok, menggunakan pinset atau kawat yang dibengkokkan. Selanjutnya, tarik bagian akar.
  2. Masukkan bibit tersebut ke wadah berisi air. Cuci sampai bersih, lalu tiriskan di atas kertas koran selama sekitar 10 menit.
  3. Setelah tiris, siapkan media tanam, bisa serutan kayu, sabut kelapa, pakis, moss, dan sebagainya.
  4. Isi sepertiga bagian pot dengan styrofoam, arang, pecahan genting, atau batu bata untuk sirkulasi udara. Setelah itu beri pakis yang sudah dicincang dan steril.
  5. Pisahkan bibit anggrek yang besarnya sama agar pertumbuhannya serempak. Satu pot biasanya diisi 25 – 30 bibit. Kalau ingin cepat besar, pot bisa diisi 15 bibit saja. Saat menaman, taruh media tanam (pakis, misalnya) sebaris, kemudian letakkan bibit berderet mengikuti media tanam. Letakkan lagi pakis, ikuti dengan bibit, terus sampai semua bagian pot terisi penuh. Tanam hanya sampai bagian akar supaya tidak busuk.
  6. Kurang lebih 2 – 3 bulan kemudian, jadilah komuniti pot atau kompotan (tanaman yang ditanam berkelompok). Pisah satu per satu ke dalam pot-pot sampai dewasa (individual pot/seedling).
  7. Tanam ke dalam pot dengan meletakkan 2 – 3 potong styrofoam di dasar pot, kemudian masukkan pakis ke separuh bagian pot. Tempelkan tanaman ke pakis, lalu tutup dengan pakis lagi. Tanam hanya bagian akar supaya tidak busuk dan tidak mengganggu tunas baru yang timbul.
  8. Setelah agak besar, pindah ke pot yang lebih besar.

Dari kedelapan langkah  Cara Menanam Anggrek Bibit Botolan yang paling terpenting dari semuanya adalah, cuters harus lebih peduli dengan Anggrek. Karena layaknya makhluk hidup, mereka juga ingin dirawat dengan baik. Budi Rustanto dari Lab TAIP menganjurkan untuk mengajak bicara juga melakukan perawatan seperti penyiraman dan pemupukan agar tanaman Anggrek  tumbuh subur.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here