Home Tips Cara Mengenali Kulit Sensitif

Cara Mengenali Kulit Sensitif

75
0

Ada beberapa jenis kulit yang umum dimiliki oleh kebanyakan orang. Salah satunya adalah kulit sensitif. Memahami jenis kulit Anda merupakan langkah awal yang baik untuk memilih perawatan kulit. Tidak banyak orang yang menyadari atau ragu menentukan jenis kulit yang mereka miliki. Serta tak jarang pula Anda sulit mengidentifikasi apakah kulit Anda berjenis sensitif atau tidak. Dilansir dari laman skin.co.id Yuk kenali tanda-tandanya dan temukan langkah terbaik untuk merawatnya!

Kulit merupakan organ tubuh yang satu-satunya dapat Anda lihat. Kulit manusia terdiri dari 3 lapisan yaitu stratum korneum yang merupakan lapisan kulit paling luar, epidermis, dan dermis. Ketiga lapisan tersebut berada di atas jaringan lemak di bawah kulit.

Ada beberapa tanda untuk mengidentifikasi bahwa Anda memiliki kulit sensitif, di antaranya adalah bercak merah, gatal, kulit terasa ketat, dan menyengat. Apa penyebab hal tersebut bisa terjadi pada kulit Anda? Stratum korneum akan mempertahankan kulit Anda dari semua hal yang akan mengiritasi. Akan tetapi, stratum korneum akan bekerja dengan baik apabila memiliki kelembaban yang tepat. Kebanyakan dari kita tidak sadar bahwa terkadang kita membuat kulit melakukan pekerjaan dan berinteraksi dengan alat yang mengeringkan kulit. Di antaranya adalah AC, penghangat ruangan, bahan kimia, cuaca dingin, dan sinar matahari. Hal lainnya yang penting bagi kulit Anda adalah keseimbangan tingkat PHnya. Permukaan kulit kita biasanya memiliki tingkat keasaman/pH 5,5. Dan setiap perubahan pHnya akan membuat kulit Anda melemah.

Kulit kita adalah organ hidup yang dirancang untuk memberi tahu Anda ketika sesuatu yang tidak benar. Ujung syaraf yang ada tepat di bawah stratum korneum, lapisan teratas kulit akan mendeteksi segala kontak fisik yang terjadi dengan kulit Anda. Semua sel-sel kulit dirancang untuk bereaksi jika ada sesuatu yang tidak seharusnya ada di kulit Anda. Dan sebagai hasil dari reaksi tersebut maka muncullah kemerahan, sensasi menyengat, bercak merah, jerawat, dan ketat.  Begitulah bagaimana faktor-faktor eksternal dapat mempengaruhi kulit Anda.

Namun, kulit Anda juga dapat dipengaruhi oleh faktor internal yaitu hormon dalam tubuh. Hormon bertugas memerintahkan sel-sel dalam tubuh untuk melakukan tugasnya. Pada saat terjadi perubahan mendadak dalam tubuh seperti saat stres, selama kehamilan, atau masa pubertas maka kulit akan bereaksi dan menimbulkan kemerahan, kekeringan, jerawat, dan bercak merah.

Sam seperti bagian tubuh lainnya, hormon juga mencapai kulit Anda. Hormon bekerja pada kulit dan dibawa oleh pembuluh darah kecil di lapisan bawah kulit. Keberadaan hormon tubuh sangatlah penting agar tubuh tetap sehat. Hal yang dapat mempengaruhi hormon adalah stres. Stres dapat disebabkan oleh banyak hal seperti masalah di tempat kerja atau rumah, kurang tidur, pola makan yang buruk dan lain-lainnya. Stres yang berlebihan akan memperlambat kerja hormon sehingga jika terjadi secara terus menerus, maka lapisan pelindung kulit akan rusak dan lemah sehingga mengakibatkan kulit Anda menjadi sensitif.

skin.co.id Kenali Kulit Sensitif Anda Dengan Cara Berikut Ini!

Perlu pula Anda ketahui bahwa setiap jenis kulit akan bereaksi terhadap bahan kimia secara berbeda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka biasanya Anda akan merasakan kulit menjadi gatal, sensasi menyengat, bercak kemerahan, dan timbul jerawat. Semua reaksi yang Anda rasakan akan terdeteksi oleh sel-sel kulit. Selain itu, suhu dingin dan cuaca yang kering juga dapat merusak kulit Anda. Pada kulit sensitif, terlalu sering menggunakan pembersih atau melakukan eksfoliasi akan dapat merusak jaringan permukaan kulit yang terluar. Hal inilah yang akan membuat kulit Anda lebih rentan terkena iritasi.

Selain beberapa faktor di atas yang telah disebutkan, ada beberapa hal yang membuat kulit Anda menjadi sensitif. Di antaranya adalah:

  • Bahan keras yang ada pada kosmetik
  • Stres
  • Polusi dan kotoran
  • Gaya hidup
  • Hormon
  • Pola makan dan hidrasi
  • Baju dan perhiasan
  • Pembersih rumah tangga
  • Perawatan kulit harian
  • Lingkungan (perubahan cuaca)

Namun, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir. Anda bisa mengurangi dan menjaga kulit sensitif jika dengan menemukan perawatan kulit yang lembut dan tepat dan menggunakan bahan-bahan lembut dalam kosmetik. Perlakukan daerah kulit sensitif Anda dengan lebih lembut dan lebih hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi. Semoga artikel ini dapat membantu.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here