Home Ibu dan Anak Cara Mudah Mengatasi Flu Pada Bayi

Cara Mudah Mengatasi Flu Pada Bayi

404
0

Di musim hujan, anak-anak lebih rentan terkena flu dan batuk pilek. Sebenarnya kedinginan bukanlah biang keladi flu. Saat hujan, anak-anak cenderung lebih banyak berlindung dan bermain di dalam rumah. Itulah mengapa kuman lebih cepat menyebar dari satu anak ke anak lainnya. Pada bayi usia 6 sampai 9 bulan, kekebalan tubuh alami yang bayi dapatkan melalui darah Anda sudah mulai habis. Namun, sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. Itu sebabnya, tiga bulan ini menjadi masa rentan bayi Anda. Untuk meminimalkan risiko flu dan batuk pilek bayi, cobalah trik berikut :

Menyusui Selama Mungkin

Lupakan target 6 bulan pertama. Menyusuilah selama mungkin, selagi si kecil ingin. ASI mengandung begitu banyak zat pelawan infeksi. Tak heran, bayi yang disusui lebih jarang terserang batuk pilek.

Kurangi Risiko

Jangan membawa si kecil bepergian dke mal yang padat di musim flu. Urungkan pula niat mengundang sepupu yang sudah heboh berlari kesana kemari dengan hidung beringus – atau membopong bayi anda ke arisan keluarga besar.

Perbanyak Sayur Dan Buah, Jika Bayi Anda sudah mulai Makan Makanan Padat

Phytonutrients  adalah bahan alami yang meningkatkan imunitas dalam buah dan sayur. Semakin gelap warna sayur dan buah semakin banyak pula kandungan Phytonutrients. Seperti, tomat, semangka, ubi juga sayuran berdaun hijau tua seperti bayam.

Bersihkan Hidungnya

Jika bayi terlanjut terkena pilek, ini adalah pengobatan rumah yang praktis dan mudah. Hidung merupakan pintu masuk kuman kedalam tubuh. Jadi bayi pilek, semprotkan saline spray ke hidungnya dengan hati-hati, dan sedot keluar cairannya dengan penyedot hidung. Bawa bayi Anda ke kamar mandi dan biarkan uap panas shower mengencerkan lendir agar mudah ia keluarkan melalui bersin dan batuk.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here