Home Tips Cara Yang Benar Menyiapkan Cumi, Sotong dan Bayi Gurita Sebelum Di Olah

Cara Yang Benar Menyiapkan Cumi, Sotong dan Bayi Gurita Sebelum Di Olah

563
0

Hai cuters, pengen masak cumi, sotong atau gurita  untuk makan siang? Tapi masih belum tau cara membersihkannya? Nggak pengen masak beserta tintanya yang hitam itu? Sebenarnya caranya mudah kok cuters. Simak ya, cara menyiapkan seafood yang super gurih ini sebelum diolah menjadi masakan yang menggugah selera.

Cumi, sotong dan bayi gurita berasal dari satu tumpun keluarga, meskipun tampilan fisiknya berbeda-beda. Berukuran kecil maupun besar, cumi hampir tersedia di pasar dan supermarket. Jika tentakel cumi berbentuk ramoing dan panjang-panjang, tentakel sotong pendek dan gemuk. Begitu pula badannya, lebih pendek dan melebar ke samping, dagingya lebih tebal dan supaya lunak perlu dimasak cukup lama.

Lain halnya dengan bayi gurita, badannya pendek bulat menyerupai kantong, tentakelnya pendek gemuk serta penuh tonjolan. Dengan demikian yang dinikmati tentunya adalah tentakel ini. Gurita lebih murah daripada cumi, tapi tidak selalu tersedia di swalayan kecuali di pasar swalayan yang banyak menjaul bahan makanan jepang dan korea.

Memilih Yang Segar

Seperti udang, kepala cumi, sotong dan bayi gurita yang melekat erat pada badan yang menjadi tolok ukur kesegarannya. Juga dagingnya yang masih kenyal, kulit ari yang belum mengelupas. Bahkan cumi yang berwarna putih keabu-abuan atau agak merah jambu serta totol-totol hitamnya masih berlari-kari seperti berkejaran, menandakan bahwa cumi baru dikeluarkan dari laut, habitatnya.

Menyiapkan Cumi, Sotang Dan Bayi Gurita

Untuk ketiganya, kepala harus dilepaskan dari badan. Dari bagian kepala, buang¬† mata, ‘batu putih’, kantong tinta serta bagian tentakelnya (terutama pada cumi). Dari bagian badannya yang kini menyerupai selongsong, tartik tulang punggungnya yang mirip perisai, serta kotorannya. Cuci bersih dibawah aliran air sambil menguliti kulit arinya dan memotong bagian selongsong ke atas sehingga selongsong tersebut menjadi terbalik. Bagian dalam berada di luar dan sebaliknya. Cara ini dapat diterapkan pada bayi gurita, tapi tidak pada sotong karena tabung badannya sangat keras.

 

Kalau sudah tau, bagaimana caranya menyiapakan cumi, sotong dan bayi gurita. Sekarang cuters nggak ragu lagi dong untuk membuat menu Andalan dirumah dengan menu yang Istimewa.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here