Home Kesehatan Dampak Buruk Makan Mie Instan Campur Nasi

Dampak Buruk Makan Mie Instan Campur Nasi

656
0

Dampak Buruk Makan Mie Instan Campur Nasi

Dampak Buruk Makan Mie Instan Campur Nasi

Mie instan sudah seperti cemilan rutin Indonesia. Dibuktikan hampir setiap orang pernah memakan mie instan. Juga mempunyai stok di rumah.

Sedangkan nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Jika tidak ada nasi, penggantinya bukan kentang atau jagung, tetapi mie instan. Nasi dan mie instan selama bertahun-tahun menjadi belahan jiwa mayoritas warga Indonesia. Jika tidak ada lauk, masak saja mie instan, kalau masih kurang kenyang, tambahkan nasi.

Dampak Buruk Makan Mis instan campur nasi yaitu :

  1. Kalori yang terdapat di dua makanan tersebut tinggi
    Dalam satu porsi mie instan, sudah terkandung sekitar 400 kalori, jumlah itu sama dengan satu porsi nasi ukuran sedang dan lauk pauk. Jika satu porsi mie instan ditambah nasi, bisa Anda bayangkan sendiri berapa kalori yang masuk dalam tubuh. Bisa mencapai 600 – 700 kalori sekali makan, padahal rata-rata wanita dewasa hanya butuh 1200 – 1500 kalori per hari.
  2. Naiknya risiko diabetes
    Perpaduan karbohidrat dari nasi dan mie instan dapat menaikkan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah melonjak drastis. Inilah yang membuat semakin tingginya risiko masalah diabetes. Hanya makan nasi dan mie instan juga tidak memenuhi kecukupan gizi lain seperti protein, serat, vitamin dan sebagainya. Tingginya kalori dari mie instan dan nasi juga membuat tubuh mudah gemuk.

Sebaiknya batasi mengonsumsi mie instan, setidaknya seminggu sekali. Daripada  mencampur dengan nasi, akan lebih baik jika mie instan ditambah potongan sayur, daging, telur dan sebagainya. Ingat, mie instan mengandung garam dan MSG yang sangat tinggi, sehingga jumlah yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here