Home Gaya Hidup Dampak Negatif Makanan Gorengan

Dampak Negatif Makanan Gorengan

388
0

DampakBuruk Gorengan

Suka makan makanan Gorengan? Eit… Hati-hati ya cuters. Ternyata banyak dampak negatif dari makanan gorengan lho. Memang sih gorengan itu enak dan praktis. Tapi jangan abaikan resiko kesehatan nya ya Cuters.

Misakan dalam satu sendok minyak massanya 10 gram. Maka yang diperbolehkan dikonsumsi adalah enam sendok minyak. Sedangkan dalam satu potong ayam digoreng, kulitnya mengandung 10 gram lemak. Dan kemudian kita memakan ayam tersebut dua atau tiga kali.

Sedangkan hampir setiap hari kita selalu mengkonsumsi gorengan. Bayangkan saja, betapa banyaknya lemak yang menumpuk.

Berikut masalah kesehatan yang muncul apabila terlalu sering mengonsumsi makanan gorengan.

  1. Memicu Kanker
    Karohiidrat atau tepung yang telah digoreng  yang dapat merangsang pembentukan senyawa karsinogenik yang menjadi pemicu kanker, yaitu akrilamida. Dalam Dosis tertentu akrilamida juga beracun bagi sistem saraf manusia.
  2. Nyeri dada
    Sensasi terbakar pada dada yang sering timbul saat berbaring atau membungkuk disebut Heartburn. Heartburn disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke dalam esofagus (saluran makanan yang mengalirkan makanan dari mulut ke lambung). Cara terbaik menghindari masalah tersebut dengan mengurangi asupan gorengan dan ganti dengan masakan yang dikukus atau direbus.
  3. Gastroenteritis
    Gastroenteristis adalah suatu jenis peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan, terutama pada lambung dan usus kecil, dan mengakibatkan diare akut.. Gastroenteritis merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya muntah dan diare. Gejala umum lainnya pada gangguan ini meliputi gangguan pencernaan, muntah, mual, penurunan berat badan, kembung, kehilangan nafsu makan, dan bersendawa.
  4. Gangguan pencernaan
    Pada penderita magh, makan gorengan akan membuat kenyang. Karena adanya lemak trans. Padahal mereka baru makan sedikit. Hal ini membuat kerja lambung terganggu.Lemak trans tidak baik untuk tubuh. Karena lemak trans akan merangsang dan membuat gatal tenggorokan sehingga sering menyebabkan batuk. Lebih parahnya akan menyebabkan radang tenggorokan.
SHARE