Home Gaya Hidup Dokumen Penting yang Wajib Disimpan

Dokumen Penting yang Wajib Disimpan

386
0

 

Dokumen Penting yang Wajib Disimpan, menyimpan surat-surat berharga sangatlah penting sebaiknya rapikan dan pisahkan dokumen-dokumen yang memang harus disimpan. Dan buang segera kertas-kertas yang tidak penting. Berikut Tips memilih Dokumen Penting yang Wajib Disimpan.

1. Surat-surat Pemerintah dan Surat Resmi

Surat-surat Pemerintah dan Surat Resmi  seperti akte kelahiran, paspor, surat nikah, surat wasiat KTP dan SIM. Simpan baik-baik dokumen ini, karena jika hilang, akan sulit mengurusnya kembali dan memakan waktu serta biaya yang tidak sedikt. Sebaiknya satukan di map dan simpan dalam brankas.

2. Surat Kepemilikan Barang

Anda punya barang berharga seperti kendaraan, rumah atau emas bukan hanya merawat dan menjaga barang tersebut. Tapi Anda juga harus menjaga dan menyimpan dengan baik surat-suratnya. Tanpa surat, bukti Anda sebagai pemilik akan hilang.

3. Bukti Pajak

Simpan bukti pajak Anda paling tidak sampai 7 tahun setelah Anda membayarnya bersama dokumen yang mendukung bukti Anda telah membayar pajak. Lembaga pajak mungkin saja melakukan pemeriksaan jika diperlukan dan bila Anda masih memegang buktinya, tentu meminimalisir masalah.

4. Catatan Investasi dan Dana Pensiun

Catatan investasi haruslah anda simpan selama Anda memiliki investasi tersebut. Catatan dana pensiun harus disimpan selama Anda hidup sampai nantinya ahli waris Anda menerima. Pollack mengatakan ada baiknya menyimpan copy kepemilikan investasi sampai 7 tahun setelah Anda menjualnya sebagai catatan untung rugi Anda.

5. Struk Belanja, Polis Asuransi dan Kartu Garansi

Untuk kenyamanan, selalu simpan struk belanja bersama garansi dari barang-barang yang dibeli, agar ketika rusak Anda dapat memperbaikinya. Simpanlah dalam satu folder yang telah dilabeli seperti “elektronik” yang berisi struk dan garansi seluruh barang elektronik Anda.

demikian Tips Menyimpan Dokumen Penting yang Wajib Disimpan,  Satu hal lain yang penting selain menyimpan rapi dokumen tersebut adalah letak dokumen itu disimpan. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau karena jika berada di tempat yang strategis dan terjangkau, Anda akan selalu memperhatikan kerapiannya dan ingat lokasinnya.

sumber : wolipop.com

 

SHARE