Home Kesehatan Enaknya Ngemil Ubi Bikin Berat Badan Turun

Enaknya Ngemil Ubi Bikin Berat Badan Turun

80
0

Ingin berat badan turun, tapi sulit menghilangkan kebiasaan ngemil? Eits! Nggak perlu sedih, Cuters. Ngemil saat dalam program diet menurunkan berat badan, sah-sah saja dan bahkan dianjurkan agar Anda tidak kalap saat makan, Cuters.

Syarat ngemil yang sah saat menurunkan berat badan ini adalah bukan makanan ringan seperti keripik kentang, biskuit cokelat, wafer atau kacang goreng. Melainkan, makanan sehat yang mengenyangkan tapi berkalori rendah serta kaya nutrisi, seperti ubi.

Memiliki rasa enak dan mengenyangkan, salah satu tanaman jenis umbi-umbian ini, seperti disebutkan dalam laman www.popsugar.com, juga menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat membantu Anda dapatkan berat badan ideal.

  • Kaya Serat. Ubi, baik yang berwarna oranye atau kuning memiliki banyak kandungan serat. Makanan yang kaya serat akan membuat perut awet kenyang, sehingga mencegah keinginan untuk terus ngemil. Serat pada ubi juga perlu waktu lama bagi tubuh untuk dicerna. Hal ini membuatmu cepat kenyang dan tidak makan berlebihan. Asupan kalori yang masuk pun jadi lebih sedikit.
  • Rendah Kalori. Ubi adalah makanan rendah kalori, asalkan diolah dengan cara yang benar. Satu sajian ubi manis (satu cangkir) mengandung 90-100 kalori. Jumlah kalorinya jauh lebih rendah ketimbang kentang ukuran sedang yang bisa mencapai 300-400 kalori per sajian.
  • Membantu Mengontrol Gula Darah. Ubi tidak hanya tinggi akan karbohidrat, tapi juga mengandung karotenoid yang membantu menstabilkan kadar gula dalam darah dan menurunkan resistensi insulin. Karotenoid juga meningkatkan produksi adiponectin, hormon yang bertugas mengatur kadar gula darah. Selain itu, ubi termasuk makanan dengan indeks gilkemik yang rendah.
  • Tinggi Kandungan Air. Tubuh bereaksi lebih positif terhadap makanan yang kaya kandungan airnya. Makanan yang menyimpan banyak air, seperti halnya ubi manis akan membuat perut terasa lebih penuh sehingga mencegah keinginan makan berlebihan. Ubi juga mengurangi penumpukan air di dalam tubuh, serta mencegah berat badan kembali naik setelah turun.

Nah, itulah beberapa keuntungan dari ngemil ubi saat Anda sedang dalam masa diet menurunkan berat badan. Tapi, penting diingat bahwa semua manfaat ini hanya bisa Anda dapatkan jika Anda mengolah ubi dengan benar.

Hindari cara pengolahan dengan digoreng, dan sebaiknya mengolah ubi dengan direbus atau dikukus tanpa mengupas kulitnya. Hindari juga mencampurkan bahan-bahan lain yang bisa membuat manfaat dari nutrisi ubi ini sia-sia. Semoga bermanfaat Cuters!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here