Home Kesehatan Fakta, Perempuan Lebih Tahan Stres!

Fakta, Perempuan Lebih Tahan Stres!

343
0

Fakta, Perempuan Lebih Tahan Stres!

Fakta, Perempuan Lebih Tahan Stres!

Perempuan dikenal dengan bertindak sesuai perasaannya dahulu ketimbang logika. Perempuan juga diasumsikan lebih mudah stres. Sebaliknya para pria, cenderung  cuek dan kurang sensitif dianggap lebih santai sehingga tak mudah stres. Faktanya hal ini justru kebalikannya!
Penelitian yang dilakukan di University of Buffalo ternyata membuktikan bahwa perempuan lebih mampu mengendalikan stres dibanding laki-laki. Kemampuan perempuan untuk mengendalikan stres ini ternyata disebabkan oleh tingginya hormon estrogen di tubuh. Hormon ini memblokir efek negatif dari stres di otak.

Subyek penelitian ini diberikan berbagai pengalaman dan perlakuan yang sering dialami sehari-hari dan menyebabkan frustrasi. Dr Zhen Yan, pemimpin penelitian, mengungkapkan bahwa ternyata perempuan memiliki kemampuan mengenali obyek yang telah ditunjukkan sebelumnya. Sedangkan pria harus berjuang dengan memori jangka pendek mereka.

Ketidakmampuan untuk mengingat sebuah obyek ini menunjukkan gangguan di bagian otak yang mengontrol memori kerja, perhatian, pengambilan keputusan, dan proses kerja otak lainnya. “Studi sebelumnya telah menemukan bahwa perempuan lebih tahan terhadap stres dan sekarang ini sudah diketahui penyebabnya. Dan ini benar-benar dipengaruhi oleh spesifik molekular sesuai jenis kelamin,” jelas Yan.

Ia menambahkan bahwa ketika sinyal estrogen di otak ini dihambat, maka tingkat stres akan jadi semakin tinggi. Peneliti menemukan bahwa tingkat enzim yang terkait dengan produksi estrogen yang dikenal sebagai aromatase inilah yang bertanggung jawab untuk ketahanan stres pada perempuan.

Hem, mungkin ini juga ya yang menyebabkan banyaknya perempuan yang menyembunyikan adanya kekerasan dalam rumah tangga. Bagaimana menurutmu cuters?

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here