Home Kesehatan Fakta Unik Seputar Pusar

Fakta Unik Seputar Pusar

253
0

Fakta Unik Seputar Pusar

Fakta Unik Seputar Pusar

Bagian tubuh ini jarang diperhatikan oleh orang. Namun beberapa penilitian akan mengungkapkan hal-hal unik yang dimiliki oleh pusar.

Berikut adalah beberapa penemuan menarik tentang pusar, seperti dilansir oleh Huffington Post (15/09).

  1. Pusar yang seksi
    Ya, beberapa pusar diketahui memiliki bentuk yang lebih seksi daripada yang lain. Hal ini dibuktikan secara ilmiah oleh peneliti di University of Helsinki. Aki Sinkkonen mengatakan bahwa kebanyakan orang menyukai pusar berbentuk T, atau oval, dan vertikal. Sementara itu, menurut penelitian yang dilaporkan di LiveScience pada tahun 2009 menjelaskan bahwa kebanyakan orang tak menyukai pusar yang bodong.
    Selain itu Sinkkonen juga menjelaskan bahwa pusar wanita bisa menunjukkan kesehatan reproduksi mereka. Pusar yang berbentuk simetri menunjukkan bahwa wanita tersebut subur.
  2. Karolina Kurkova, wanita yang tak memiliki pusar
    Semua makhluk hidup pasti memiliki pusar, namun tidak dengan Karolina Kurkova. Bukan berarti Kurkova bukan makhluk hidup, namun supermodel ini melakukan operasi penghilangan pusar. Selebriti lain yang dikabarkan melakukan operasi untuk menutup pusar mereka adalah Alfred Hitchcock, namun ini belum jelas.
  3. Bentuk pusar ketika hamil
    Bentuk pusar diketahui bisa berubah selama kehamilan. Pembesaran pada bagian abdomen menyebabkan bagian dalam pusar terdorong keluar dan membuat pusar terlihat bodong. Namun tenang saja jika para wanita mengalami hal ini. Menurut Dr Karen Marie Jaffee dari University Hospital of Cleveland, seringkali setelah melahirkan bentuk pusar akan kembali ke bentuk semula.
  4. Letak pusar menentukan kecepatan
    Hasil penelitian yang mengejutkan ini mengungkap bahwa posisi pusar pada tubuh menentukan seberapa cepat seseorang ketika berlari atau berenang. Penelitian yang dilakukan oleh Andre Bejan dari Duke University ini menunjukkan bahwa letak pusar yang lebih tinggi menunjukkan bahwa mereka lebih cepat berlari. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang di Afrika Barat lebih cepat berlari daripada orang Eropa karena letak pusar mereka 1,8 inci lebih tinggi.
  5. Berkuman
    Kuman dan bakteri bisa menempel pada kulit manusia. Hal yang sama juga terjadi pada pusar. Penelitian yang diterbitkan dalam Toronto Star menunjukkan bahwa dalam pusar terdapat setidaknya 1.400 jenis bakteri yang berbeda-beda.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here