Home Kesehatan Hati – Hati Menggunakan Pembersih Miss v

Hati – Hati Menggunakan Pembersih Miss v

328
0

bahaya-pemakaian-sabun-untuk-bersihkan-miss-v

Belakangan ini banyak iklan sabun yang khusus digunakan untuk membersihkan Miss v. Dengan bahan utama daun sirih. Daun sirih memang memiliki kandungan antiseptik yang mampu membunuh kuman. Namun ada beberapa hal yang cuters perlu pahami dengan pembersih satu ini ya.

Sebenarnya miss v sendiri memiliki kemampuan untuk membersihkan diri secara alami. Karena di dalam setiap miss v atau vagina terdapat bakteri yang baik (flora normal vagina). Fungsi bakteri tersebut adalah untuk mengusir kuman.

Bahkan bila menggunakan sabun pemsersih miss v secara berlebihan bisa berakibat membunuh bakteri baik dan memudahkan kuman masuk ke miss v. Hal ini diungkapkan oleh Dilansir Dailymail, peneliti dari California University.  Sabun dan pelumas dapat merusak jaringan di daerah miss V, sehingga organ intim wanita lebih mudah terkena infeksi penyakit yang diakibatkan oleh virus herpes, bakteri Chlamydia hingga virus HIV.

Pendapat serupa juga dikatakan oleh Joelle Brown, kepala penelitian, pemakaian produk pelumas/lubrikan atau sabun dapat menyebabkan bacterial vaginosis, yaitu kondisi dimana keseimbangan bakteri baik di daerah intim terganggu. Dari hasil sampel yang dibagi pada 141 perempuan, 66 persen mengaku sering menggunakan pelumas hingga bagian dalam miss v. Sebanyak 70 persen menggunakan pelumas komersial, 17 persen petroleum jelly dan 13 persen menggunakan minyak. Hasil tes lab menunjukkan bahwa perempuan yang menggunakan pelumas hingga bagian dalam miss v mengalami infeksi bakteri dan jamur.

Sebenarnya daerah intim wanita tidak boleh terkena produk yang dapat menurunkan kadar pH (keasaman) karena dapat mengganggu perkembangan bakteri baik yang melindungi miss v. Produk seperti sabun mandi, shower gel, dan sabun pembersih yang mengandung parfum dapat meningkatkan risiko infeksi pada miss v. Karena itu, para ahli kesehatan menyarankan agar para wanita tidak memakai sabun mandi atau sabun dengan parfum atau pewangi untuk membersihkan organ intim. Produk lubrikan atau pelumas cukup dipakai di bagian luar organ intim, jangan sampai terlalu dalam.

Sabun pembersih vagina hendaknya tak digunakan setiap hari. Gunakan pada saat-saat tertentu. Misalnya, sesudah menstruasi atau sesudah berhubungan seks.

Untuk membersihkan miss v bisa juga menggunakan daun sirih alami bila memang muncul bau tak sedap di bagian kemaluan. Caranya, rebus daun sirih dan ambil sarinya. Kemudian, gunakan sari daun sirih untuk membasuh vagina. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk yang hanya untuk membersihkan kemaluan. Hindari bertukar pakaian dalam dan handuk dengan orang lain. Sebab, hal ini berpotensi menularkan penyakit.

Hal penting lainnya yaitu jangan lupa mengganti celana dalam ya cuters.

SHARE