Home Kesehatan Hindari Makanan Ini Di Musim Hujan

Hindari Makanan Ini Di Musim Hujan

89
0

Di musim penghujan seperti saat ini tentu saja cuaca sering tidak bersahabat. Di bulan-bulan rawan sakit seperti ini, mengatur makanan yang Anda konsumsi agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh Anda mungkin sebaiknya mulai dipertimbangkan. Anda perlu memiliki cukup nutrisi dan vitamin untuk menghalau flu dan demam yang rawan terjadi di peralihan musim.

Dilansir dari laman meetdoctor.com, memakan apa pun boleh-boleh saja, namun terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dikurangi konsumsinya di musim hujan demi alasan kesehatan. Yuk disimak cuters, makanan apa saja itu!

1.Sayuran berdaun
Meski sayuran berdaun sudah tidak diragukan lagi kandungan nutrisinya, namun di musim hujan, sebaiknya sayuran dengan dedaunan lebat dihindari karena lembapnya udara dapat membuat kuman berkumpul pada daun-daunnya yang bergizi. Untuk sementara waktu, hindarilah bayam, kubis dan kembang kol selama musim hujan. Selalu cuci sayuran yang hendak ada olah sebersih mungkin sebelum dikonsumsi.

2.Jus segar dan buah dari pedagang di pinggir jalan
Meski segar dan alami, namun buah-buahan yang ditata untuk dijual di pinggir jalan sudah terpapar udara musim hujan sehingga bisa jadi sudah terkontaminasi air hujan. Jika ingin mengonsumsi buah dan jus buah, siapkan sendiri jus buah di rumah dan jangan membeli dari pedagang di luar rumah.

3.Makanan laut
Makanan laut sebaiknya dihindari sepanjang musim hujan karena ikan dan udang yang kurang matang dapat menyebabkan tubuh Anda terkontaminasi bakteri dan kuman di musim hujan. Pilihlah daging ayam sebagai gantinya. Untuk tetap mengonsumsi makanan laut, usahakan jenisnya adalah jenis tersegar dan sudah dimasak hingga benar-benar matang.

4.Gorengan
Tingginya kelembapan udara membuat proses pencernaan dalam tubuh juga terpengaruh dan menjadi lebih lambat. Alhasil, mengonsumsi terlalu banyak gorengan dapat menyebabkan timbulnya komplikasi seperti perut kembung dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya. Gorengan juga biasanya memiliki rasa yang asin, dan garam dalam tubuh dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh. Jika ingin mengonsumsi gorengan, buatlah sendiri di rumah dan jangan membeli dari pedagang pinggiran.

5.Minuman bersoda
Minuman bersoda terbukti mengurangi kadar mineral dalam tubuh sehingga menyebabkan berkurangnya aktivitas enzim dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan pencernaan semakin melemah, dan kondisi ini tidak sebaiknya dialami di tengah musim penghujan. Selain minuman bersoda, kurangi juga konsumsi produk-produk berbahan baku susu yang dapat membuat pencernaan tertekan.

Untuk mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan Anda selama musim penghujan, berikut tips-tips yang dapat Anda praktekkan.

1.Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang tidak terlalu berat untuk kerja pencernaan.
2.Tetaplah rajin berolahraga agar bakteri yang mungkin sempat memasuki tubuh dapat kembali dihalau keluar bersama keringat.

3.Jagalah kebersihan tubuh senantiasa. Segera setelah berada di luar rumah, cuci kaki dan tangan menggunaan sabun dan air.
4.Segera obati gejala penyakit sekecil apapun yang mungkin terjadi sebelum infeksi bertambah serius.
5.Tetaplah mengonsumsi cukup air meski Anda sedang tidak haus untuk menjaga sistem imun tubuh Anda. (PA)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here