Home Kesehatan Hp Bisa Menjadi Penyebab Kanker

Hp Bisa Menjadi Penyebab Kanker

150
0

Hp Bisa Menjadi Penyebab Kanker

hp pemicu kanker

Ada hal yang harus cuters tahu tentang bahayanya hp atau gandphone. Salah satunya handphone bisa menyebabkan kanker. Hal ini bukan hanya isapan jempol belaka.

Karena Radiasi ponsel yang berbentuk gelombang elektromagnetik memang tak bisa dianggap sepele dan remeh begitu saja. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel, ternyata dapat diserap oleh tubuh. Gelombang tersebut yang mempengaruhi kekuatan signal, dan kejernihan suara. Jumlah energi dari gelombang elektromagnetik yang diserap oleh tubuh diukur dalam bentuk satuan SAR, atau Specific Absorption Rate.

Efek Radiasi Handphone
Ada dua efek yang disebabkan oleh radiasi handphone

Thermal Effect
Adalah efek yang paling sering dan umum disebabkan oleh piranti yang mengandung gelombang elektromagnetik. Biasanya timbul panas karena suhu meningkat. Secara umum, otak atau sirkulasi darah bisa mengatasi pengaruh dari thermal effect ini, namun kornea mata umumnya tidak tahan akan panas.

Non Thermal Effect
Efek lain disebut sebagai non thermal effect, efek yang tidak disebabkan oleh panas, dan biasanya justru mempengaruhi otak atau bagian tubuh yang terdekat dengan antena. Hasilnya, ia akan meningkatkan metabolisme glukosa di dalam darah.

Menurut American Medical Association, seperti dikutip dari Indiatimes, efek non thermal ini punya efek jangka panjang, seperti:

  1. Pendarahan otak
  2. Kanker
  3. Sakit kepala
  4. Pusing
  5. Gangguan tidur
  6. Gangguan kepribadian

Menghindari efek buruk dari radiasi handphone, disarankan agar:

  1. Menjauhkan dan menyimpan handphone di tempat yang tidak bersentuhan langsung dengan tubuh
  2. Hindari aktivitas dengan handphone yang sinyalnya buruk. Saat sinyal buruk, umumnya gelombang elektromagnetik yang dilepaskan justru lebih tinggi.
  3. Pakai hands-free atau headset pada modus bicara
  4. Apabila tidak ada hands-free atau headset, berbicara dengan bergantian sisi telinga
  5. Jauhkan handphone saat menunggu panggilan, dekatkan pada telinga hanya saat ada suara jawaban
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here