Home Kesehatan Jaggery Si Manis Pengganti Gula Yang Lebih Sehat

Jaggery Si Manis Pengganti Gula Yang Lebih Sehat

81
0

Gula sering menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Namun, mengurangi asupan gula seringkali menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan karena tentu saja akan mengurangi kenikmatan rasa makanan atau minuman.

Nah, jika itu yang Anda alami, mungkin Anda bisa mengganti asupan gula dengan gula alami yang dinamakan jaggery. Gula tradisional India ini mirip dengan gula Jawa atau gula merah.

Jaggery merupakan pemanis alami yang terbuat dari konsentasi jus tebu dan dipercaya substitusi gula yang ideal karena lebih menyehatkan. Warna Jaggery coklat kegelapan dan teksturnya kasar. Proses pembuatannya mirip dengan sirup maple dan tidak menggunakan zat kimia apapun.

Jaggery tentu saja memiliki begitu banyak manfaat kesehatan karena kaya akan zat besi dan nutrisi lainnya. Salah satu manfaatnya ialah mampu menghilangkan racun di paru-paru.

Untuk mengetahui manfaat jaggery lainnya, simak daftarnya berikut ini, seperti dilansir dari Times of India.

  • Jaggery mengaktifkan berbagai enzim pencernaan yang mampu mempercepat proses pencernaan makanan di dalam tubuh.
  • Gula alami satu ini juga umum digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, seperti batuk kering, demam dan asma.
  • Jaggery ampuh dalam menenangkan otot, saraf dan pembuluh darah, serta meningkatkan fungsi ketiganya.
  • Sakit kepala juga dapat diobati dengan gula jenis ini.
  • Jaggery adalah sumber zat besi yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita anemia. Gula alami ini akan meningkatkan tingkat hemoglobin dalam darah.
  • Jaggery juga sangat bermanfaat dalam menjaga tingkat tekanan darah.
  • Kandungan kalium yang tinggi di dalam gula ini mampu membantu mengurangi kembung dan retensi air. Kandungan ini juga membuat jaggery sering dikaitkan dengan manfaat menurunkan berat badan.
  • Berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh terkandung di dalam jaggery. Nutrisi tersebut memainkan peranan kunci dalam banyak proses metabolik.
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here