Home Fashion Jambi Juga Punya Batik

Jambi Juga Punya Batik

357
0

Jambi Juga Punya Batik

Jambi Juga Punya BatikBanggalah cuters, menjadi orang Indonesia, yang kaya akan budayanya. Lihat saja, gambar di atas, cantik bukan designnya?

Bila Jogja, Solo dan Pekalongan memiliki motif sendiri, Jambi pun tak mau ketinggalan. Seperti yang diungkapkan oleh Sri Purnama, Kepala Taman Budaya Jambi, yang menggelar pameran seni rupa bertema ”Batik Jambi”, pada 3-7 Desember 2013.
Ada Sekitar 150 siswa SMP, SMA, dan SMK melukis dengan tema motif batik Jambi. Sementara di dalam gedung digelar pameran dan bazar batik jambi di Taman Budaya Jambi. Dua kegiatan itu punya satu tujuan sama, yakni menghidupkan dan memopulerkan batik jambi.

Motif yang digambar adalah  motif Angso Duo, Durian Pecah, Manggis, dan Batanghari. Lukisan tersebut sepanjang 150 meter. Kegiatan ini dimaksudkan  untuk memperkenalkan batik jambi kepada kaum muda.

Sementara itu, di ruang bazar, sejumlah perajin batik memajang produk mereka. Sebagian besar dari perajin datang dari Kota Seberang yang terletak di seberang Sungai Batanghari, sentranya perajin batik jambi. Sebagian besar perajin memulai usahanya pada awal 1980-an. Ketika itu, Gubernur jambi Maschun Sofwan menggiatkan kembali pembuatan batik Jambi. ”Batik jambi waktu itu ada, tapi hampir tenggelam,” kata Buhari (57), perajin Batik Zhorif.

Batik jambi mempunyai kekhasan dalam motif. Siti Fatimah mencatat, setidaknya ada sekitar 30 motif. Yang cukup populer sampai saat ini, antara lain Angso Duo, Angso Daun, Durian Pecah, Wayang Genseng, Batanghari, dan Kapal Sanggat atau kapal kandas. Angso Duo atau dua angsa adalah ikon khas Jambi yang diangkat dari legenda setempat.

Makna motif batik Jambi

  1. Motif Duren Pecah
    dimaknakan sebagai kesigapan bekerja yang dilandasi kematangan iman dan pengetahuan, yang diharapkan akan memberi hasil bagi kehidupan orang sekeliling. Dalam katalog pameran disebutkan, motif tersebut digunakan pada selendang yang dikenakan perempuan di Kabupaten Merangin dan Sarolangun sebagai simbol tanggung jawab perempuan kepada keluarga dan masyarakat.
  2. Motif perahu
    melambangkan penghidupan nelayan yang merupakan bagian dari pekerjaan masyarakat Jambi yang dilalui Sungai Batanghari. Motif badan tampuk buah manggis yang dikitari bunga melati bermakna bahwa seseorang tidak boleh dilihat dari penampilan raga semata, tetapi juga dari perbuatan dan tingkah laku.

Nah bagi yang sedang berwisata ke Jambi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang satu ini ya. 🙂

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here