Home Kesehatan Jangan Menyikat Gigi Terlalu Keras

Jangan Menyikat Gigi Terlalu Keras

72
0

Banyak orang menyikat gigi terlalu keras, karena ingin maksimal membersihkan giginya atau memutihkan gigi.

Padahal, cara itu justru akan menimbulkan masalah baru pada gigi, yaitu abrasi gigi. Abrasi gigi, yaitu hilangnya email gigi atau lapisan luar yang melindungi gigi.

Kalau lapisan email gigi hilang, lapisan gigi bagian dalam jadi tidak terlindungi. Akibatnya gigi menjadi linu.

Proses menyikat gigi yang salah ini memicu gigi menjadi sensitif atau terbukanya bagian dentin. Tandanya, gigi akan terasa ngilu ketika minum panas atau dingin.

Sikat gigi tidak perlu terlalu keras atau terlalu ditekan, tetapi menyikat lah dengan benar. Selain itu, hindari penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras.

Sikat gigi bagian samping, depan, dan dalam secara perlahan. Jangan lupa untuk menyikat bagian gigi geraham. Jadi, sikat gigi tidak perlu terlalu bersemangat dengan kekuatan besar.

Cara mudah menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan melakukan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari. Sikat gigi pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Menyikat gigi dengan benar dan dua kali sehari, dapat mencegah terjadinya gigi berlubang hingga penyakit gusi. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan lain pada tubuh.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here