Home Kesehatan Jenis- Jenis Susu

Jenis- Jenis Susu

251
0

Jenis- Jenis Susu

Jenis- Jenis Susu
Susu adalah minuman yang sudah tak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Susu dapat diminum oleh semua usia. Hanya jenis susunya saja yang berbeda.

Karbohidrat susu tak hanya berisi gula tunggal karena susu mengandung gula ganda laktosa selain glukosa sebagai sumber tenaga. Jenis lemaknya pun hadir lemak jenuh selain terkandung pula lemak tak jenuh. Satu yang unggul dalam susu, tampilnya asam lemak esensial linoleic acid. Asam lemak ini ikut berperan dalam mencegah osteoporosis, kanker, hipertensi, selain meningkatkan sistem imun.

Berbeda dengan menu lainnya, susu juga mengandung enzim, mineral serta hampir semua vitamin yang dibutuhkan anak untuk bertumbuh. Tingginya kandungan protein (casein micelles) yang mengisi lebih sepertiga muatan susu, mencerminkan kelebihan lain susu dibanding menu lain. Susu juga memiliki garam kalsium yang diserap sempurna oleh tubuh melebihi sumber kalsium lain. Ada sembilan jenis susu yang perlu Anda ketahui :

  1. Low Fat / Kadar Lemak Rendah
    Susu jenis ini memiliki kandungan lemak hanya setengah dari susu jenis full cream.
  2. Full Cream
    Susu full cream mengandung 4% lemak, pada umumnya mengandung vitamin A dan vitamin D.
  3. Skim Milk
    Kadar lemak pada susu skim kurang dari 1%.
  4. Calcium Enriched
    Susu ini pada umumnya ditambahkan dengan kandungan kalsium, sedangkan kandungan lemaknya dikurangi.
  5. Flavoured
    Susu flavoured adalah sama juga dengan susu full cream dan susu low fat namun ditambahkan variasi rasa seperti rasa coklat, stroberi, dan lain-lain dan jenis susu ini banyak mengandung gula sehingga tanpa ditambahkan gula pada saat membuatnya sudah terasa manis, seperti saya  lol Dahsyatnya Manfaat dan Jenis Susu yang Baik untuk Kesehatan
  6. Pasteurized Milk
    Dilihat dari namanya, pasteurisasi atau pemanasan, susu jenis ini mengalami proses pemanasan dengan menggunakan suhu antara 65 hingga 80 dejarat Celcius selama kurang lebih 15 detik. Tujuan pemanasan ini adalah untuk membunuh bakteri patogen omg Dahsyatnya Manfaat dan Jenis Susu yang Baik untuk Kesehatan yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit.
  7. Evaporated Milk
    Jika pasteurisasi dipanaskan, maka evaporasi itu adalah diuapkan. Susu jenis ini telah diuapkan dengan air hingga mengental, rasa yang didapat seperti susu kental manis namun rasanya tawar.
  8. Conjugated Linoleic Acid atau CLA
    Tujuan mengkonsumsi ini adalah untuk merampingkan tubuh atau membuat body singset peace Dahsyatnya Manfaat dan Jenis Susu yang Baik untuk Kesehatan atau langsing.
  9. Ultra High Temperature Treated atau UHT
    Dilihat dari namanya, susu jenis ini telah mengalami pemanasan dengan susu yang sangat tinggi yaitu 140 derajat celcius selama 2 detik yang kemudian dimasukkan ke dalam karton kedap udara sehingga susu ini dapat disimpan pada waktu yang lama.

Semoga bermanfaat informasi mengenai susu ini, baik itu jenisnya ataupun manfaat dan cara pembuatannya. Sudahkah anda minum susu hari ini?

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here