Home Ibu dan Anak Kapan Waktu Yang Tepat Menambah Momongan?

Kapan Waktu Yang Tepat Menambah Momongan?

106
0

Rencana Anda memberikan adik buat si kakak supaya mempunyai teman bermain di rumah adalah sah-sah saja. Sebab, memang biasanya, keluarga di Indonesia memiliki anak lebih dari satu.

Namun, sebelum menambah momongan, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dan pertimbangkan. Selain kasih sayang dan perhatian, kenyataannya anak merupakan tanggung jawab serta komitmen seumur hidup orangtua.

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan menambah anak:

Usia

Usia Anda memengaruhi stamina tubuh saat hamil dan risiko melahirkan. Jadi, sangat penting untuk memeriksakan kondisi tubuh Anda, sebelum merencanakan menambah anak untuk meramaikan istana Anda dan suami.

Keuangan

Faktor keuangan keluarga adalah salah satu pertimbangan penting saat menambah momongan. Biaya kesehatan dan pendidikan merupakan dua hal yang perlu Anda penuhi sebagai orangtua yang baik dan bertanggung jawab.

Pilihan bersama

Tanyakan juga kepada pasangan, apakah dia ingin menambah anak atau tidak. Sebab, keputusan sepihak dalam hal menambah buah hati hanya akan menciptakan masalah pada masa depan.

Jeda usia anak

Biasanya, pertimbangan jeda usia anak berkaitan dengan biaya pendidikan dan sebagainya. Jangan sampai Anda melewatkan faktor rentang usia anak saat berencana menambah anak dalam keluarga.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here